Rainbow Puding Waluh

 

RAINBOW PUDDING WALUH

Waluh adalah salah satu hasil bumi di negeri tercinta kita ini. Saya lihat sepertinya hampir diseluruh negeri ini ada waluh, hanya saja mungkin namanya yang berbeda beda. Kalau di kampung saya di Jawa Tengah kami menyebutnya waluh , di jakarta orang menyebutnya labu parang . Ada juga yang menyebutnya dengan labu kuning , ada juga yang bilang pumkins.

Waluh dengan warnanya yang kuning dan rasanya yang legit sangat cocok dibuat beraneka masakan. Sayangnya banyak yang kurang tahu kalau waluh ini bisa dibuat macem macem kue. Selama ini waluh hanya diolah menjadi hidangan dalam bentuk kolak atau untuk campuran sayur bening bayam. Padahal waluh bisa kita olah menjadi kue talam , donat dan cake.

Kali ini saya mencoba membuat pudding yang dicampur dengan waluh kukus. kebetulan di rumah ada sisa waluh tapi cuma dikit. Menurut saya rasanya enak banget , manis gurih legit. Agar lebih menarik penampilannya saya buat pudding rainbow

Berikut resep Rainbow Pudding Waluh ala saya

 

RAINBOW PUDDING WALUH

Dwijati Estriyana

Bahan :

– 200 gr waluh yang sudah dikukus.
– 125 gr gula pasir
– 300 ml santan
– 500 ml susu ( yang tidak suka susu bisa diganti full santan )
– 1 bungkus agar agar
– garam
– pewarna makanan merah jingga kuning hijau biru dan ungu

Cara Membuat :

1. Blender waluh yang sudah dikukus bersama santan , sisihkan
2. Campur gula pasir, agar agar dan garam di satu panci aduk aduk rata, kemudian masukkan susu cair.
3. Masukkan waluh yang sudah diblender bersama santan ke dalam panci berisi adonan agar agar, aduk rata
4. Masak dengan api sedang , aduk aduk hingga mendidih ( aduk terus ya agar santan tidak pecah )
5. Setelah cairan mendidih ambil kira kira 130 ml cairan pudding ( sisa cairan pudding biarkan di atas kompor dengan api sangat kecil ), beri pewarna merah 2 tetes , aduk aduk tuang ke cetakan. Tunggu beberapa menit sampai pudding mulai agak mengeras .Setelah pudding merah mulai agak mengeras, ambil lagi 130 ml cairan pudding yang diatas kompor , tuang warna orange aduk aduk dan tuang diatas pudding merah . Tuang perlahan lahan dengan menggunakan sendok agar warna pudding berikutnya tidak tercampur dengan pudding yang sebelumnya. Lakukan seterusnya dengan warna yang lain kuning , hijau , biru dan ungu.
6. Setelah dingin simpan dalam kulkas agar lebih maknyusss.
7. Saat mau dihidangkan baru keluarkan dari kulkas dan potong potong

Selamat mencoba

Advertisements