Casserole Singkong Sambal Teri Oncom by Lia Djoen Krisdianto

Dear Host NCC-PanLok,

Asli, tema culinary weeks kali ini bikin aku mikir. Satu, kalau utk jajanan daerah, aku lebih suka beli karena milih praktisnya aja, ngga cukup telaten untuk bikin. Lalu alasan ke-2, pengen bikin yang rada unik. Pingin bikin a la casserole gitu, tapi yang pake bahan lokal dan rasa lokal juga. Apalagi ada kans dipilih untuk masuk buku, masa iya sih mau bikin yang biasa aja. *wink

Ide dasar, pake singkong, lalu ikan teri. Bisa untuk main course. A la casserole gitu deh. Setelah bongkar rumah simbah gugel, dicampur aduk semua ide yang muncul, dan inilah dia.

 

Casserole Singkong Sambal Teri Oncom

Untuk: 4 porsi

Bahannya:

1 kg singkong tanpa kulit, kukus, haluskan
50 gr margarin
1 blok kaldu ayam bubuk
100 gr oncom, bakar, cincang kasar
50 gr teri medan, goreng setengah kering
3 siung bawang merah, cincang kasar
5 bh cabai merah keriting, rajang kasar
3 bh cabai merah rawit, rajang kasar
1 bh tomat, buang bijinya, potong dadu
Garam
Gula pasir
Air putih
Minyak goreng untuk menumis
Keju mozarella dan lada hitam bubuk untuk topping

Cara membuatnya:
– Campur singkong yang sudah dihaluskan dengan margarin dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata, bagi menjadi 8 bagian, sisihkan.
– Tumis bawang merah, cabai keriting, dan cabai rawit hingga matang dan harum.
– Masukkan cincangan oncom, teri medan, dan tomat, aduk rata.
– Beri gula, garam, dan sedikit air. Masak hingga matang. Angkat.
– Siapkan 4 buah single casserole atau pinggan kecil tahan panas.
– Ambil satu bagian campuran singkong, letakkan di dasar pinggan, beri seperempat bagian oncom, lalu tutup dengan satu bagian singkong. Lakukan hal yang sama untuk keempat pinggan lainnya.
– Panggang selama 10 menit pada suhu 160˚ C. Keluarkan pinggan dari dalam oven, taburi dengan keju mozarella parut dan lada hitam bubuk, panggang sebentar hingga keju meleleh, lalu keluarkan dari dalam oven.
– Sajikan hangat.

Enak juga ternyata. Dan pasti mengenyangkan. Bisa jadi alternatif untuk sarapan di minggu pagi ^_^

Salam Pangan Lokal
Lia Djoen Krisdianto
dapurtetangga.blogspot.com
M +62 878 6009 9808
WA +62 812 8822 1976

Advertisements