Bakso Singkong (BakSing) by Djeng Kamto

IMG_2747

Dear Host Yang Baik Hati,

Ikut week week an begini memang bikin kecanduan hi hih…kalau mood sedang baik lihatlah, kali ini saya kirimkan lagi yaa resep untuk memeriahkan NCC 1 Dasawarsa, tanda terimakasih saya sekaligus tanda cinta saya pada NCC dan Indonesia Raya.

Nah sekarang saya kirimkan resep sederhana yaitu Bakso Singkong (BakSing). Aseli saya masih bingung juga mau dikasi judul apa ? Ini sejujurnya adalah singkong rebus, yang saya isi dengan adonan tahu bakso. Idenya mencontek sandwich atau burger he he tapi Bakso Singkong (BakSing) ini ala Indonesia Raya . Jangan bayangkan kalo bakso selalu bulat yaaa hi hi h ..maap jangan dicentong.
Akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah, rupanya perpaduan antara singkong rebus  dan cincangan ayam udang itu rasanya uenuakkkk tenan hi hihi

Ayo kita buktikan , ini dia resepnya :

Bakso Singkong (BakSing);

Bahan :

350 gram Singkong (2 buah singkong/ubi kayu)  yang telah direbus, dan dibubuhi garam secukupnya

Bahan Isian :

125 gram udang segar, kupas & cincang kasar

125 gram daging ayam rebus tanpa tulang, cincang halus

Daun pre 1 batang, potong tipis

Sagu tani 4 kurang lebih sdm

Putih telur 2 sendok makan

Bumbu (diuleg halus) :

Bawang putih 3 siung

Merica serbuk 1 sdt

Garam 1 sdt  (Penyedap rasa bila suka)

Kita buat isiannya terlebih dahulu, caranya :

Campurkan udang, ayam, daun pre , semua bumbu yang telah dihaluskan, putih telur dan tepung sagu. Aduk hingga rata, dan cicipi sedikit (sak ndulit) rasa asin/gurihnya. Tambahkan garam bila perlu, dan letakkan dalam baskom.

Penyelesaian :

Potong  singkong bulat memanjang kira kira 5 cm, belah bagian tengahnya

Buang sumbu yang ada didalam singkong, dan masukkan isian diatas, kira kira sebanyak 1 sendok makan kedalam setangkup singkong rebus.

Tutup kembali dengan belahan singkong yang lain, lakukan hingga selesai

Kukus singkong yang telah diisi didalam dandang yang air nya telah mendidih dan beruap banyak kira kira 20 menit (lapisi serbet tutup dandangnya)

Angkat, dan sajikan hangat bersama saus sambal sebagai cocolan

Pstttt……. ini bisa disajikan bersama teh manis dipagi atau sore hari. Untuk acara pertemuan resmi ?? Boleh jugaaa he he (paling tidak mengurangi konsumsi bahan impor, seperti terigu).

Rasanya jangan ditanya enak pake banget, dan yang pasti Bakso Singkong (BakSing) ini bergizi cocok diberikan pada anak anak karena kandungan protein udang/ayam serta adanya sayur (daun pre) .

Oh ya pesan sponsor jangan diberikan pada anak anak penderita alergi ya he he e …khawatir jadi garuk garuk. Resepnya gampang khan ? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaaa….

Salam Cinta Pangan Lokal

Mei Djeng Kamto

http://djengkamto.blogspot.com

Advertisements