Cilok Bumbu Padang oleh Puspita Widowati

cilok padang

Nyetor lagi boleh yaaaa 🙂
Setahun kemarin, saya ga makan nasi sama sekali baik pagi siang maupun malam, tapi tetep ga berhasil melangsing, karena saya tetap makan carbo, diantaranya dalam bentuk Cilok 🙂 sampai tukang Cilok hafal sama orderan saya, 3000 aja, bumbu kacang plus kecap hihihi..
Beberapa waktu lalu sempet seliweran resep Ciloknya Teh Ricke, saya adopsi dengan beberapa tambahan, dan kali ini saya mau coba saus yg sedikit beda, yup saya bikin saus Sate Padang sebagai “temannya”, cocok juga ternyata, yuukk mari dicoba utk alternative
CILOK
Bahan:
200 gr tepung tapioca
200 gr tepung terigu
2 sdm tepung beras
400 ml air mendidih (or diganti santan atau kaldu sebagian biar lebih gurih)
2 siung bawang putih haluskan
2 helai daun bawang iris halus (boleh pakai hijaunya saja, tapi aku pakai semua)
1 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk / penyedap rasa
1 sdt merica bubuk
air untuk rebusan secukupnya
Cara membuat:
– Campurkan ketiga tepung dan daun bawang iris dalam wadah
– didihkan air/santan/kaldu tambahkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk, dan bawang putih
– tuangkan cairan dalam keadaan mendidih sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk dengan sendok kayu, tapi lebih baik dengan tangan, agar langsung berasa kalisnya, biasanya cairan ini tidak pernah sampai habis (bersisa) tergantung daya serap si tepung yg bisa berbeda
– bulatkan, jika ingin diberi isian keju, baso, sosis, juga bisa
– masukkan ke dalam air rebusan yg sudah mendidih (aku beri garam dan merica sedikit), masak hingga mengapung dan biarkan 15 menit sesudah mengapung, tiriskan
– kukus hingga empuk, atau saat akan disajikan, lebih enak disajikan panas
SAUS SATE PADANG
(aku tadi comot dari resep4.blogspot.com)
Bahan:
500 ml air kaldu (aku pakai kaldu ayam, tp sapi pasti lebih gurih)
4 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
2 potong asam kandis
garam sesuai selera
50 gr tepung beras
Dihaluskan:
10 buah cabai merah
2 sdm ketumbar sangrai
1 sdt merica bulat (aku pakai 1 sdm)
1 sdt jinten sangrai (aku ga pakai karena ga punya tadi)
10 butir bawang merah
1 sdm kunyit, cincang
1 cm jahe, cincang
1 cm lengkuas, cincang
Cara membuat:
– didihkan air kaldu, masukkan bumbu halus, lalu masukkan bahan lainnya (kecuali tepung beras), cicip dan sesuaikan rasa
– tambahkan tepung beras yg diaduk dengan sedikit air, aduk hingga mengental dan merata
– taburi bawang merah goreng saat disajikan
note: tadi aku iseng tambahkan santan sedikit di campuran air kaldu, dan rasanya jadi mirip kari, lain kali lebih baik kaldu saja
