Indonesian Sweet Potato Cheddar Cheese Cake oleh Detik Viliana

Terinspirasi oleh Japanese Cheese Cake yang merupakan cake yang begitu lembut dan lumer di mulut sehingga cepat sekali menyebar dan disukai hampir sebagian besar penduduk dunia(terutama penyuka keju).
Kali ini saya ingin mengadaptasi teknik JCC dengan memadukan dengan bahan pangan lokal khas Indonesia yaitu ubi jalar ungu. Selain rasanya yang manis,khasiatnya yang banyak, jumlahnya melimpah dan warnanya juga cantik. Menarik perhatian saya untuk mengkreasikan ubi jalar ungu ini menjadi kue yang bercita rasa Internasional. Saya berharap kreasi cake ini bisa menaikkan derajat ubi ungu dari panganan yang identik ‘ndeso’ menjadi bercita rasa tinggi dan ‘go internasional’ *mimpi dulu.
Memang sejujurnya, jika diberi pilhan ubi rebus atau cheese cake maka saya pasti pilih cheese cake-nya apalagi toppingnya menggoda. Karena itulah, saya berpikir untuk menggabungkankannya. Selain faktor tersebut. Saya ingin membuat warna cantik ubi ungu tetap ‘stand out’. Faktor lain karena ubi ungu ini jika dibuat cake dengan teknik panggang, warnanya jadi lebih kehitaman.
Hasil akhirnya seperti makan ubi ungu dengan rasa dan teksturnya cheese cake. Lumer di mulut dengan limpahan ubi ungu yg berpadu dengan sedikit rasa keju dan rasa manis gurihnya ganache santan…it’s so delicious…
Daripada ngelantur kemana-mana, baiklah ini dia bahan dan caranya.
Indonesian Sweet Potato Cheddar Cheese Cake

Source: CCC ricke-ordinary kitchen
Modified: Detik Viliana

Bahan A:
150 gram susu cair
40 gram butter / margarin
50 gram keju cheddar, diparut halus

Bahan B (campur ):
85 gram ubi ungu kukus yang sudah dihaluskan
15 gram maizena

Bahan C :
3 kuning telur

Bahan D :
3 putih telur
50 gram gula (sesuai selera manisnya)
1 sdt air jeruk lemon / nipis

Topping:
*Ganache WCC
Bahan:
75 gr santan kentan(saya pakai santan instan)
75 gr wcc( white chooking chocolate)

Cara:
-Panaskan santal kental dengan cara ditim. Lalu masukkan wcc yang sudah dicincang.
-Aduk hingga rata.

*Taburan keju parut

Cara:
1. Siapkan loyang bulat diameter 16 cm, oles alasnya dengan mentega, alasi kertas roti, oles lagi dengan mentega/minyak sayut.
2. Tim bahan A sampai keju larut (klo masih ada gerindilan sedikit kecil-kecil juga ga apa-apa)
3. Masukkan bahan B selagi bahan A masih hangat (tapi jangan panas), aduk rata hingga lembut dan tidak bergerindil lagi ubi ungunya. Pakai baloon whisker atau mixer kecepatan rendah sebentar aja.
4. Masukkan bahan C. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan air jeruk lemon/nipis dan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai SOFT PEAK (jangan terlalu kaku dan kering, cukup sampai mengembang, creamy dan masih mengkilap).
6. Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke campuran keju. Aduk rata. Masukkan campuran ini ke sisa putih telurnya. Aduk balik dan perlahan sampai merata.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 65 menit dengan suhu 150-160’C atau pakai api kecil hingga matang dan permukaannya keemasan.
8. Setelah matang, biarkan di loyang hingga agak hangat dulu dan bagian pinggirnya terlihat agak menjauh dari sisi loyang. Kemudian dengan bantuan pisau tipis,seset bagian pinggirnya. Balikkan perlahan di atas serbet kering dan balikkan kembali ke piring saji. Biarkan dingin.
9. siram atasnya dengan  ganache santan coklat putih lalu taburi keju parut. Biarkan set dengan dimasukkan kulkas.

Note:
-Keluarkan cake dari loyang saat sudah hangat / dingin.
– Hati- hati saat membalikkannya karena cake cenderung rapuh.
– Biarkan cake set dan dingin dulu baru disiram ganache hangat. Lalu baru taburi keju parut.

Happy Baking…^-^
Semoga Menjadi Inspirasi
Advertisements