Purple Sweet Potato Balls with Coconut Sauce (Kolak Biji Salak Ubi Ungu) By Ida Danakusuma

Purple Sweet Potato Balls

Siapa yang tidak kenal kolak biji salak? Setiap bulan puasa tiba, kolak yang bertekstur kenyal dan berasa manis ini hampir dapat dengan mudah kita jumpai di setiap penjual makanan yang menyajikan menu berbuka puasa.  Hanya saja saya sering tidak puas membeli biji salak karena terlalu kenyal sehingga menutupi rasa khas dari ubi yang merupakan bahan utamanya.  Saya kurang suka kolak biji salak yang terlalu banyak menggunakan tepung tapioka. Berbekal hal itu, mulailah saya mencoba membuat kolak biji salak sendiri. Ternyata sangat mudah dan it’s really fun to roll the dough J Tidak perlu menunggu bulan puasa karena saya dapat membuatnya setiap saat saya mau.

Kalau biasanya kolak biji salak dibuat dari ubi kuning-jingga, kali ini saya bermain-main dengan ubi ungu. Kebetulan putri semata wayang saya adalah penggemar berat warna ungu, dan saya ingin memberinya surprise dengan membuatkan aneka makanan berwarna ungu tanpa bahan pewarna tambahan.  So this is it.  Purple Sweet Potato Balls in Coconut Sauce alias Kolak Biji Salak Ubi Ungu. Hasilnya benar-benar memuaskan, warna ungunya stands out, begitu kontras dengan warna putih dari saus santan, dan yang terpenting putri saya loves it, both the color and the taste.

Sedikit tips dari saya, karena saya tidak mau mengunyah biji salak dengn tekstur ‘cilok’, maka saya tidak menggunakan tepung tapioka terlalu banyak.  Cukup untuk bisa mengikat si ubi dan memberikan sedikit kekenyalan tanpa menghilangkan rasa khas dari si ubi itu sendiri.  Selain itu untuk kuahnya—atas saran  teman-teman NCC—saya gunakan gula pasir sebagai pengganti gula palem atau gula merah agar warna ungunya ‘keluar’. Penggunaan gula merah akan membuat warna biji salak menjadi coklat dan kusam. Oh ya, saya sengaja menamainya juga dengan versi Inggris, supaya kuliner tradisional ini ‘naik kelas’ sehingga dapat dinikmati oleh mereka (teman-teman dan keluarga) yang memang bukan orang Indonesia.

Purple Sweet Potato Balls with Coconut Sauce (Kolak Biji Salak Ubi Ungu)

By Ida Danakusuma

 Bahan:

Biji salak

·         500 gram ubi ungu, kukus dan haluskan

·         100-150 gram tepung tapioka

·         1 sendok teh garam

Kuah

·         1500 ml air

·         300 gram gula pasir

·         1 sendok teh garam

·         25 gram tepung tapioka, larutkan dalam air

·         2 lembar daun pandan, ikat

·         1500 ml air untuk merebus

Saus Santan

·         400 ml santan kental

·         200 ml air hangat

·         ½ sendok teh garam

·         1 lembar daun pandan

Cara:

1.       Campur ubi ungu yang telah dihaluskan, tepung tapioka, dan garam.

2.       Bentuk bulat seperti kelereng dengan diameter sekitar 1 ½ cm. Sisihkan.

3.       Campur air, gula pasir, garam, dan daun pandan dalam panci. Rebus sampai mendidih. Kecilkan api.

4.       Sementara itu, dalam panci lain, masak air hingga mendidih dan rebus biji salak sampai mengapung. Angkat dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam larutan gula yang masih dimasak dengan api kecil. Lakukan sampai semua biji salak habis sambil diaduk.

5.       Tambahkan larutan tapioka sambil diaduk sampai kuah meletup-letup dan kental.

6.       Saus santan: campur semua bahan, aduk. Sisihkan.

7.       Sajikan kolak biji salak dengan saus santan dalam keadaan hangat atau dingin.

~ Selamat mencoba! ~

