Candil Isi Pisang oleh Nina Winarni

 

Candil Isi Pisang

bahan :

1/2 kg ubi kuning,bisa juga ubi putih nanti dicampur pewarna kuning tua sedikit.
125 gram tepung sagu
1/8 garam halus
2-3 pisang kepok mengkal potong kotak kecil ( bisa dikukus dulu bisa langsung )
bahan kolak :
200 gram gula aren
air 300 ml
daun pandan 2 lmembar
1/4 garam
1 sdm maizena ( saya tidak pakai )

bahan santan :

250 ml santal kental dari 1/2 kelapa bulat. ( saya pake kara dicampur air )
2 lbr daun pandan
sedikit garam,
1 sdm maizena ( saya tidak pakai )

caranya :

hancurkan ubi kukus selagi panas,campur garam dan sagu,uleni sampai tercampur rata. ambil adonan,isi dengan pisang mengkal kepok yang sudah dipotong kotak,bentuk bulat-bulat sampai adonan habis.
didihkan air,masukan bulatan ubi setalah mateng dang mengambang angkat.

siapkam bahan kolak (kuah ) didihkan air ,masukan gula aren daun pandan,maizena ( saya tidak pakai ) dan garam,setelah larut masukan bola-bola ubi.masak hingga matang.

siapkan santan ,saya pakai kara yang ditambah air,didihkan bersama garam dan daun pandan serta maizena ( saya tidak pakai ) aduk terus dengan api kecil supaya tidak pecah. setelah matang matikan.

setelah semua matang,candil bisa disajikan dengan disiram air santan. dang siap dinikmati.

NOTE :

-PISANG YANG DIPAKAI MASIH HARUS MENGKAL,JIKA TIDAK BOLA-BOLA CANDIL AKAN PECAH/BOCOR

– JIKA MENDAPAT UBI PUTIH JANGAN BERKECIL HATI,SAYAPUN MEMAKAI UBI PUTIH YANG DITAMBAH PEWARNA KUNING TUA. YANG DITAMBAHKAN KETIKA ADONAN UBI DAN SAGU TELAH TERCAMPUR. ( MENDAPAT SARAN DARI SEORANG TEMAN )

