Getuk Pisang oleh Selma Aan

Beranjak lagi ke bahan pangan lokal yang paling mudah didapat. Pisang adalah salah satu buah favorit segala kalangan usia, apalagi anak-anak pasti doyan banged sama buah kuning ini. Tanaman pisang adalah tanaman serba guna. Buahnya yang sudah pasti bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, daunnya yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan kemudian batang dan jantungnya pun enak dijadikan sayuran. Karenanya pisang dikategorikan sebagai bahan pangan lokal pengganti nasi, karena memang buah ini memiliki efek mengenyangkan.
 
Getuk merupakan jajanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Tapi getuk nggak selalu identik dengan singkong atau ubi loh. Pisang enak juga dijadikan getuk. Bahkan saya lebih menyukai getuk pisang dibandingkan getuk singkong dan getuk ubi, beneran lebih enak dan manis. Membuatnya mudah dan insyaAllah mengenyangkan. Bisa dijadikan sebagai sarapan atau teman minum teh di sore hari.
Bahan:
1. 8 buah pisang raja yang masih keras
2. 250 gram gula halus atau sesuai selera tergantung manisnya pisang
3. Kelapa parut secukupnya, kukus sebentar dengan garam
Cara Membuat:
1. Rebus pisang raja beserta kulitnya hingga matang dan lembut. Angkat dan tiriskan.
2. Kupas pisang selagi hangat kemudian lumatkan. Campur dengan gula halus. Lumatkan hingga halus.
3. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik. Tekan dan padatkan. Dinginkan. Potong dan sajikan dengan taburan kelapa parut kukus. Sajikan.
Selamat Mencoba ^_^
Advertisements