Mochi Kentang oleh Selma Alan

 

Mochi Kentang

Kue ini kembali dibuat dalam rangka memberdayakan bahan pangan lokal kentang, salah satu bahan pangan favorit yang selalu ada di rumah. Sepertinya mochi ini 80% nya dari kentang. Kulitnya dari kentang dan isinya juga menggunakan puree kentang yang manis, Hmm sedap, sebentar saja laris deh. Jangan salah teman-teman, walaupun mochi ini merupakan jajanaan atau cemilan tapi makan satu dua biji aja udah kenyang, Mungkin karena fillingnya memakai kentang ya? Plok-plok tepung tangan dulu buat si “Kentang”. Memang kentang tetap menjadi umbi yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

Bisa dikatakan membuat mochi ini mudah, tapi ada proses yang sangat ribet menurut saya, Yup, pada waktu membentuk dan mengisi mochi, Karena mochinya super lengkeeeeet. Hiks, hampir nangis kejer saya waktu membuat mochi ini. Biasanya memang saya pakai resep yang satunya, yang adonan mentah (belum dikukus) dibentuk dulu, diisi dengan filling baru dikukus. Nah mochi kali ini saya pakai resep yang tepungnya dikukus dulu kemudian dibentuk. Alhamdulillah belakangan (setelah 3 mochi error dan terbuang dengan sia-sia) saya tahu cara membentuknya dengan menabur maizena di tangan dan di adonan. Barulah akhirnya mochinya bisa dibentuk. Sepertinya untuk kesempatan mendatang saya menggunakan resep satunya saja. Bahannya sama saja, cuma beda proses aja. Silahkan teman-teman pilih aja ya mau pakai step membuat yang mana, Hasilnya sama-sama enak kok, Cuma teksturnya lebih kokoh yang step “dibentuk dulu baru dikukus” dibandingkan step yang ini. Kalau step yang ini menghasilkan mochi yang lebih lembut dan kenyal. Tergantung selera aja ya.

Resep Mochi Kentang
Sumber: Tabloid Koki
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:
1. 100 gram tepung ketan
2. 50 gram kentang, kukus dan haluskan
3. 1 sdm gula halus
4. 75 ml air
5. 1 sdm margarin
6. 1/2 sdt pasta pandan

Bahan Isi:
1. 150 gram kentang, kukus dan haluskan
2. 2 sdm susu cair
3. 30 gram gula halus

Bahan Pelapis:
Tepung maizena yang sudah disangrai secukupnya

Cara Membuat:
1. Isi: Campur semua bahan, masak diatas api kecil sambil sesekali diaduk hingga kalis dan menjadi adonan yang dapat dibentuk. Angkat. Ambil 1 sdt adonan dan bulatkan. Sisihkan.
2. Kulit: Campur gula, air dan pasta pandan, aduk rata. Masukkan kentang, aduk rata. Tambahkan tepung ketan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Kukus selama 20 menit, angkat. Kocok adonan kulit dengan menggunakan mixer berkaki spiral, masukkan margarin, Aduk hingga rata.
3. Penyelesaian: ambil 2 sdm adonan kulit, beri isi dan bulatkan. Gulingkan di atas tepung maizena sangrai. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

Advertisements