Donut Singkong oleh Mahani Khalid

 

Donut Singkong

Pagi-pagi dapet kiriman singkong hasil kebun tante. Singkongnya cakep banget! Alhamdulillah..liat-liat kumpulan resep di Gnotes jadi pengen makan singkong thailand, singkong goreng merekah..tapi pengen donat juga. Akhirnya semua kebagian, sebagian direbus untuk digoreng lagi dan sebagian jadi singkong thailand. Donatnya belum kebagian ya?hehehe.. Ngambil singkong rebus, dihaluskan, ngotak ngatik resep donat kentang..jadi deh donat singkong ala Haneen’s Kitchen. Hasil donatnya agak renyah di luar, lembut di dalam. Enak banget, ga kalah sama donat kentang lembutnya. Silakan..ini resepnya

Bahan:
325 gram terigu protein tinggi
50 gram terigu protein sedang
175 gram singkong rebus dihaluskan
100 gram gula pasir
50 gram mentega
200 ml susu cair
1sdm santan kental instan
9 gram ragi instan

Cara Pembuatan:
1. Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.
2. Masukkan singkong, susu cair dan santan uleni hingga tercampur semua bahan dan tidak lengket di tangan. Bila terlalu lembek bisa ditambahkan terigu 1-2 sdm, bila tepung belum tercampur semua tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sampai tercampur semua bahan.
3. Masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis elastis.
4. Bulatkan adonan dan tutup dengan kain lembab. Istirahatkan adonan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.
5. Kempeskan adonan, giling dan cetak dengan cetakan donat atau dibentuk secara manual. Istirahatkan kembali adonan 10 menit.
6. Goreng donat dengan minyak yang banyak dan panas, api sedang. Setelah sisi bawah donat sudah matang kecoklatan, balik donat sekali saja. Goreng sampai matang kecoklatan. Dinginkan donat dan beri taburan sesuai selera.

Advertisements