Klepon Kentang oleh Ninol’s Food

 

Klepon Kentang

Klepon adalah makanan favorit keluarga kami, sensasi sewaktu klepon masuk mulut dan digigit kemudian nyemprot isinya adalah pertanda klepon yg sukses in the making, tentu saja kekenyalan klepon dan kelapa parutnya turut berperan dalam rasa klepon yg enak….nah untuk mendapatkan kekenyalan yg pas dan setelah uji coba beberapa kali akhirnya ketemulah komposisi adonan klepon yg pas, yaitu dengan menambahkan kentang kukus. psst jangan bilang bilang ya….sebenarnya ini resep bakulanku, di Amrik ( gak keren amat yak di Amrik jualan klepon) tapi biarlah untuk meramaikan NCC pangan lokal, aku bagikan resepnya:

Bahan:
500 gram tepung ketan
250 gram kentang kukus haluskan
150 gram gula merah sisir halus
1 sdm air kapur sirih(optional)
1 sdt garam
1 sdt air daun suji/pewarna hijau
1 gelas air
150 gram kelapa parut kukus
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Kukus kelapa parut dengan daun pandan sampai matang, tambahkan garam sisihkan
2. Campur tepung ketan dan kentang kukus yg sudah dihaluskan aduk2 sambil diremas remas hingga kentang menyatu dengan tepung ketan. Masukkan garam 1sdt, aduk rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai rata. 4. Masukkan air daun suji/ pewarna makanan hijau, aduk rata.
5. Masak air di panci, ambil sedikit adonan warna hijau, bulatkan, buat cekungan sedikit, isi dengan gula merah yg sudah disisir halus. Tutup lubangnya, bulatkan dengan telapak tangan. Masukkan ke air panas dipanci, lakukan seterusnya sampai adonan mengambang tunggu beberapa menit. Angkat klepon gulingkan ke parutan kelapa kukus. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis. Sajikan
Selamat mencoba…

Tips n trik:
1.Sewaktu menyisir gula merah, usahakan jangan ada gula merah yg tajam pinggirannya krn bisa membuat klepon bocor sewaktu direbus dan isinya larut di air rebusan tadi.
2. Sewaktu memasukkan air, sedikit sedikit dulu/ secukupnya. sampai adonan bisa dipulung. Tidak harus semua untuk menghindari adonan kelembekan.
3. Jika tidak ada air kapur sirih, bisa diabaikan. Klepon tetap empuk, tetapi akan lebih kenyal jika pakai air kapur sirih.

Advertisements