Kolak Sukun oleh Anna Yellita

 

Kolak Sukun

Ikutan setor ya bu admin untuk ikut meramaikan 1 dasawarnya ncc kali ini , sebelumnya saya ucapkan selamat buat NCC sukses selalu dan tetap menjadi inspirasi buat ibu-ibu di seluruh nusantara terutama buat saya pribadi…
dalam rangka event NCC Pangan Lokal Weeks kali ini saya membuat kolak sukun, dimana bahan utamanya yaitu daging buah sukun. buah sukun merupakan salah satu bahan pokok alternatif selain beras yang dapat di manfaatkan untuk berbagai jenis makanan.

kebetulan saya dapat kiriman buah sukun dari ibu yang sudah mateng sekali, kepikiran deh buat kolak sukun ini karena udah bosen klo di goreng atau cuma di rebus saja. biar beda dari biasanya karena kan biasanya yang dibuat kolak itu pisang atau ubi jalar nah kali ini saya buat dari daging buah sukun yang di kukus kemudian di haluskan hampir sama sih dengan kolak biji salak hanya mengganti ubi nya dengan sukun. rasanyapun enak manis legit harum khas buah sukun karena kan buah sukun itu punya citarasa tersendiri.

Resep Kolak Sukun by Hesti’s kitchen

Bahan :
500 gr sukun kukus, haluskan
50 gr tepung kanji
500 ml air
200 gr gula merah
50 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
tepung kanji untuk pengental secukupnya

Bahan Kuah:
( Masak Sampai Mendidih )
300 ml santan kental
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara Membuat :
1.campur sukun kukus, tepung kanji dan garam.aduk rata. bentuk lonjong lakukan sampai habis.
2.didihkan air dalam panci,masukan adonan sukun secara bertahap, angkat tiriskan.
3.masak gula merah, gula putih, dan daun pandan.setelah mendidih saring. masak lagi sampai mendidih masukan larutan tepung kanji, masak sampai mengental.
4.masukan biji sukun, masak sebentar.
5.sajikan dengan guyuran kuah santan.

*** Selamat Mencoba ***

Advertisements