Wingko Pisang oleh Selma Alan

 

Wingko Pisang

Wingko Babat adalah salah satu jajanan khas Iindonesia yang cukup populer. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa. Wingko biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil diLamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.
Di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Ada banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang. Kelapa yang digunakan untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini. (Sumber: Wikipedia)
Nah, gimana kalau wingko berbahan pisang? udah pernah nyoba belum, teman? Ternyata rasanya enak banged. Lebih lembut dan aroma pisangnya bikin ketagihan. Dicomot satu aja rasanya kurang deh. Selain itu, dengan menggunakan pisang, kita termasuk memberdayakan bahan pangan lokal loh. Cihuy, dapat amalnya, dapat juga enaknya. Coba yuk.

Resep Wingko Pisang
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:
1. 220 gram pisang lumat
2. 200 gram tepung ketan
3. 250 ml santan kental (disesuaikan dengan kadar air pisang)
4. 150 gram gula pasir
5. 1 butir telur, kocok
6. 1/2 sdt garam
7. 200 gram kelapa parut, keringkan

Cara Membuat:
1. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula pasir dan garam. Masukkan telur kocok, aduk rata.
2. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata.
3. Masukkan pisang lumat, aduk kembali hingga rata dan lembut.
4. Panaskan cetakan kue lumpur. Masukkan 2 sdm adonan wingko di tiap lubang cetakan. Tutup cetakan dan panggang dengan api kecil.
5. Jika bagian belakang sudah kuning kecoklatan, balikkan dan panggang hingga kedua sisi kuning kecoklatan. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

Advertisements