Biji Salak Ubi Ungu by Iin Sidharta

Awal cerita dari acara natalan di rumah tanteku, makan kolak biji salak… kayaknya sejak ninggalin rumah ortu lepas lulus SMA belom pernah makan ini lagi deh, kasian banget gak sih??Resep hasil browsing , tapi eh tapiii… setelah ngikut resep plek aku agak kecewa deh sama hasilnya… tak seindah foto yg di web nya, warna ungu ubinya sama sekali gak keliatan… jadi sama aja kayak kolak biji salak yg pake ubi kuning. Walaupun secara rasa sih enaakk, setidaknya terhibur dgn antusias suami & anak2ku menghabiskan isi panci 🙂

Penasaran… aku coba modifikasi dikit, gula merah kuganti gula putih, tentu merubah warna rasanya… jadi gak layak disebut kolak lagi deh, walaupun malah jadi cocok dinikmati hangat atau dingin, yang pasti puas banget sama tampilannya.

 

Biji Salak Ubi Ungu

Source: sajian sedap, modified by: Iin Sidharta

Bahan Biji Salak

300 gr ubi ungu, kukus & haluskan
100 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
2 sdt air
3 tetes pewarna ungu

Bahan Saus Gula

1 L air
200 gr gula pasir
2 lembar daun pandan, buat simpul
3 tetes pewarna ungu
15 gr tepung sagu, larutkan dalam 80mL air

Bahan Saus Santan

300 mL santan
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan, buat simpul

Cara:

1. Biji Salak: campur ubi, tepung sagu, garam, air, pewarna. Aduk rata sampai bisa dipulung, bentuk bola-bola kecil, sisihkan.
2. Saus Gula: rebus gula, air, dan daun pandan hingga mendidih. Tambahkan pewarna.
3. Masukkan bola2 ubi ke saus gula, masak hingga mengapung & mendidih lagi. Kentalkan dengan larutan tepung sagu, masak hingga mendidih & meletup-letup.
4. Saus Santan: rebus santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih.
5. Sajikan biji salak dengan saus santan.

Bisa disajikan hangat atau dingin dengan menambahkan es batu sesuai selera dan cuaca.

Iin Sidharta
http://vandyacakes.blogspot.com
http://iinsidh.wordpress.com

Advertisements