Onde-Onde Kentang by Nyimas Amrina

Dear Host NCC Pangan Lokal Week,
 
Mau ikutan lagi dalam event week nya NCC kali ini. Kebetulan ada orderan snack minggu lalu dan salah satunya adalah Onde-onde. Resep onde-onde ini saya peroleh waktu Latbar Tumpeng Aneka Jajanan Pasar, kata sang instruktur (Mba Rachmawaty Lutfie) resepnya didapat dari Majalah Sedap dan sampai sekarang menjadi favorit keluarga dan customer bakulan kue saya. Yang berbeda, adonan kulitnya ditambah kentang, kemungkinan hal ini yang membuat onde-onde ini lembut, empuk dan ga ngaret. Meskipun bentuknya tidak bulat seperti onde-onde yang lain, tapi kelembutannya bertahan hingga keesokan harinya. 
Berikut Resepnya.
 
Onde-Onde Kentang (Sumber Majalah Sedap)
by Nyimas Amrina 
 
Bahan :
250 gr tepung ketan 50 gram kentang kukus, dihaluskan saat masih panas 65 gr gula pasir 1/2 sdt garam 175 ml air hangat wijen secukupnya untuk pelapis minyak goreng jumlah banyak
Isi : 75 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa 50 gr gula pasir 1/4 sdt garam 1 lembar daun pandan, simpulkan
Cara membuat :
– Isi :
kukus kacang hijau 20 menit. Angkat. Blender bersama santan. Tambahkan gula pasir, daun pandan dan garam. Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat, biarkan dingin. Timbang masing-masing 10 gr. Bulatkan.
– Kulit :
campur tepung ketan putih, kentang halus, gula pasir halus, dan garam. Aduk rata. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin. Timbang masing-masing 20 gr. Pipihkan, beri isi, bentuk bulat. Celup air lalu gulingkan di wijen. Goreng dalam minyak api kecil sambil disiram-siram sampai mengembang. Besarkan apinya menjadi sedang. Goreng sampai kuning/matang.
 
Selamat mencoba.
Salam,
Amrina – Zakina’s Kitchen
IG : @zakina_kitchen
FB : Zakina’s Kitchen Amrina
WA : 081380267761
Advertisements