Fried Papaya Noodle oleh Ninol’s Food

 

Fried Papaya Noodle

Buah pepaya selain mudah didapat dan murah, khasiatnya juga banyak lho. Buah pepaya muda mengandung banyak vitamin dan mineral seperti potasium, magnesium, vitamin A, C, B, dan E. Selain itu juga mengandung enzim papain dan chymopapin yang baik untuk perut.

Di Amerika sendiri,pepaya muda banyak dijual ditoko toko Asia, dari yang masih utuh sampai yang sudah di serut halus seperti mie, sampai yang matang tinggal santap. Nah dari sini muncul Ide, kenapa tidak pepaya muda dimanfaatkan untuk makanan utama pengganti beras. Jadi pepaya muda ini saya serut memanjang dari ujung atas ke bawah (mirip mie bihun teksturnya tapi agak kaku). Kekhawatiran bakal cepat putus pas diolah ternyata tidak terjadi…yey senangnya…. Bahkan anak-anak dan suami nggak menyangka kalau mie goreng yang mereka makan terbuat dari pepaya muda…

Bahan:
1 buah pepaya muda( ukuran kecil, kira kira setengah kilo gram)
2 buah wortel, serut halus memanjang
1 batang daun bawang potong potong
2 siung bawang putih haluskan
100 gram ayam rebus, iris iris
2 bonggol bokcoy/ sawi hijau potong potong
2 sdm minyak wijen
3 sdm kecap manis
garam , gula, merica sesuai selera
1 sdm bubuk ebi (optional)

Cara membuat
1. Kupas pepaya muda, cuci bersih. serut dari atas ke bawah usahakan jangan putus. Rebus kira kira 5 menit di air mendidih yg dibubuhi garam, angkat, tiriskan.
2. Panaskan wajan, tuang minyak wijen, tumis bawang putih sampai harum, masukkan daun bawang aduk aduk.
3. Masukkan ayam, aduk rata, masukkan wortel aduk sampai agak layu. Kemudian masukkan Pepaya muda serut, tambahkan garam, gula merica dan kecap manis, aduk rata. terakhir masukkan ebi bubuk.
4. Sajikan hangat. bisa juga dibuat versi mie rebusnya.

Selamat mencoba

Advertisements