Gulai Pakis Ikan Salai oleh Dame Tobing

Sebelumnya saya bercerita dulu tentang sayur pakis yang sering kita temukan di perkampungan dan pasar tradisional. Pakis merupakan sayur lokal yang jarang dilirik dan dikonsumsi karna mungkin langka dan jarang ditemukan diperkotaan sehingga kurang dikenal oleh masyarakat. Padahal sayur pakis merupakan sayur yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin, salah satunya mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang bagus buat otak dan bisa mencegah kepikunan. Juga tinggi vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.
Selain ditumis pakis juga sering dimasak santan atau gulai, dalam mengolahnya pakis jangan terlalu lama dimasak dan mencucinya pun jangan direndam terlalu lama, cukup dgn air mengalir saja agar nutrisi yang terkandung dalam pakis tidak terbuang. Disini saya coba masak dengan dipadu dengan ikan salai yang juga termasuk pangan lokal kita, ikan asap ini sangat khas dengan aromanya dan tentunya kaya akan protein dan vitamin lainnya.
Baiklah bunda smua, ini saya persembahkan resep gulai yang sering dihidangkan dalam keluarga saya.

Gulai Pakis Ikan Salai

Bahan:

400gr pakis muda yang sudah bersih
200gr ikan salai lele/baung, rendam air hangat 5menit, angkat dan tiriskan.
1 liter santan dari 1/2 butir kelapa
3 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2 batang serai, memarkan

Bumbu halus :

4 buah cabai merah
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
4 cm kunyit
2 cm jahe
Garam dan gula secukupnya penyedap bila suka

Cara membuat:

-Masak santan bersama bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk dengan api sedang hingga mendidih, diaduk terus agar santan tidak pecah.
-Masukkan ikan salai dan diaduk terus hingga ikan agak matang kurleb 10menit, jangan lupa masukkan garam dan gula secukupnya, lalu masukkan pakis aduk terus selama kurang lebih 5menit pakis matang, angkat.
-Siap disajikan.

Advertisements