Ikan Acar Kuning oleh Dame Tobing

Sebagai penutup hari ini saya mempersembahkan sajian dari ikan bunda, kita tau bahwa ikan mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak dan merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Jenis lemak di dalam ikan (asam linoleat) setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang kemudian dikenal dengan nama omega 3.
Omega 3 yang terdapat pada ikan mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya. Bahkan ada indikasi masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang kurang mengkonsumsi ikan.
Indonesia kaya akan hasil lautnya, jadi kita patut bangga dan bisa memanfaatkan kekayaan itu dengan sebaik-baiknya, sebagai contoh produksi ikan bisa mendukung ketahanan pangan Indonesia di tengah ancaman krisis pangan saat ini. Jadi kita tidak perlu lagi bergantung pada daging yang selama ini seolah menjadi patokan untuk ketahanan pangan.
Olehnya karena itu untuk mendukung ketahanan pangan nasional, mari kita bersama-sama meningkatkan konsumsi ikan dalam keseharian kita.

 

Ikan Acar Kuning

oleh Dame Tobing

Bahan :

500gr Ikan segar (terserah jenis apa)
2 potong jeruk nipis
5 buah tomat, parut halus
5 buah cabai merah, iris serong
10 buah cabai rawit utuh
6 buah bawang merah, potong kotak
2 siung bawang putih, kepret
1 batang daun bawang, iris serong
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh, ambil putihnya saja, memarkan
Garam & gula secukupnya

Bumbu halus :
4cm kunyit
8 butir kemiri
(kunyit & kemiri digoreng sebentar baru dihaluskan)

Cara membuat :

-Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam.
-Panaskan minyak, dan goreng ikan hingga kecoklatan, angkat dan sisihkan
-Panaskan 2sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan bumbu halus, aduk rata lalu masukkan tomat, daun jeruk, sereh, cabai merah dan rawit, tumis terus hingga matang, terakhir masukkan bawang merah dan bawang sop, aduk sebentar aja, angkat.
-Susun ikan dipiring lalu siram bumbu kuning diatas ikan, sajikan.

Advertisements