Category Archives: camilan

Awug Awug oleh Dwee Dwek

… di daerahku, awug-awug biasa ini tersaji saat ada acara khitanan atau perkawinan sebagai jajanan bagi tamu yang hadir sebelum atau setelah acara resepsi , jadi jajanan ini tidak pernah terhidang saat acara resepsi karena biasanya saat resepsi menu yang disajikan yang lebih ‘berkelas,’ sedangkan awug-awug ini tergolong jajanan kampung , hehehee… tetapi meskipun merupakan jajanan kampung atau ndeso , awug-awug ini rasanya enak karena manis dan mudah cara membuatnya.

 

Awug-awug

bahan :

1/2 kg sagu panjang (bisa juga menggunakan sagu mutiara)
1/2 butir kelapa muda , parut panjang
50 gr -100 gr gula pasir * sesuaikan manisnya *
sedikit garam
daun pisang , untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

Cara Membuat :

rebus sagu hingga empuk, angkat dan tiriskan.
campur dan aduk semua bahan (sagu panjang, kelapa muda parut, gula pasir dan sedikit garam) hingga rata.
Ambil 1- 2 sendok adonan, letakkan di atas daun pisang lalu bungkus dan semat dengan lidi lakukan hingga adonan habis.
panaskan dandang atau kukusan hingga beruap banyak lalu kukus hingga matang atau daun layu.

Note :
kelapa muda parutnya tergantung selera, lebih suka banyak kelapa atau sama banyak dengan sagunya

Advertisements

Truffle Ubi Green Tea

 

Truffle Ubi Green Tea

by Vita Citra, diadaptasi dari resep Chef Ali Lai

Bahan :

250 gr ubi, kupas, potong-potong, kukus, lumatkan halus.
100 gr susu kental manis
3 sdm gula pasir (bagi yang kurang suka manis, bisa diskip)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
2 sdm margarin, cairkan
2 sdt bubuk green tea
3 sdm tepung terigu, untuk memadatkan, jika masih kurang padat boleh ditambahkan sesendok demi sesendok.

Bahan Pelapis :

150 gr coklat milk (MCC)
Coklat putih
Bubuk green tea
sedikit pewarna hijau

Cara Mengolah :

1. Campur ubi halus dengan susu, gula, garam, vanili, margarin, green tea, masak di atas api kecil sambil di aduk rata, tambahkan terigu sesendok demi sesendok sampai agak padat, aduk rata, angkat, biarkan dingin.
2. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat, lakukan hingga adonan habis.
3. Tim coklat MCC, masukkan bulatan-bulatan ubi satu per satu, lumuri dengan coklat, angkat dan taruh di silpat.
4. Masukkan coklat putih, green tea dan pewarna ke dalam piping bag, cairkan dengan merendamnya dalam air hangat, gunting sedikit ujungnya, semprotkan ke atas bulatan ubi coklat.
5. Masukkan ke kulkas (bukan freezer).
6. Sajikan.

Note:
Green tea bisadiganti diganti dngan bahan lain, misal cokelat bubuk

Tahu Crispy Keju oleh Maria Stefianie

 

Tahu Crispy Keju

Bosan tahu yang hanya digoreng biasa saja? kebetulan anak saya suka banget tahu dan kripik yang gurih, saya coba tahu dicampur keju, ternyata enak loh, ini juga ngga sengaja karena ada sisa keju parut untuk isian roti.

Bahan:
8 kotak tahu putih ukuran 4 cm x 4 cm hancurkan kasar
3 bawang merah besar
4 bawang putih besar
1/4 sdt ketumbar bubuk
Garam sejumput ( sesuai selera)
1/4 sdt lada bubuk
2 sdm Keju parut
3 sdm munjung tepung beras
1 sdm rata tepung kanji / tapioka
2 putih telur
Air sedikit kira-kira 10 sdm untuk blender bumbu
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
– Hancurkan tahu
– Blender bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada, garam dan air sampai halus ( boleh juga di uleg)
– Campurkan semua bahan, aduk rata
– Goreng 1/2 sdm adonan tadi ke dalam minyak panas, goreng sampai kekuningan
Siap di hidangkan

Singkong Custrad oleh Alfa Khasanah

 

Singkong Custard

Kali ini mau laporan bikin cemilan buat hantaran menjenguk teman yang sedang sakit… cemilan yang simple tapi enak

Bahan
750 g Singkong
250 ml Susu kental manis
250 ml Santan(aku pakai santan kara instan kotak)
2 butir Telur
3 sdm Gula pasir
1 sdt Vanila

Cara membuat:
-Kupas singkong potong kecil-kecil, masukkan ke mesin Blender
-Masukkan Singkong, Susu Kental manis, Santan, telur, gula pasir dan Vanila
-Blender hingga lembut dan tercampur rata
-Masukkan ke Loyang atau bias ke cetakan kecil kecil
-Panggang dioven dengan suhu 170* selama 45-55 menit
-Angkat dinginkan
-Masukkan kekulkas
-Nikmati saat dingin

Selamat Mencoba

Stik Yuyu Ubi Ungu oleh Rika Oktianti

 

Stik Yuyu Ubi Ungu

Kali ini saya bikin stik yuyu yang ditambah ubi ungu. Pake ubi ungu kok warnanya ngga ungu? Ketika masih berbentuk adonan, warnanya ungu keabu-abuan. Ketika digoreng, ungunya lenyap. Tapi hasil gorengan antara dengan atau tanpa ubi ungu, warna yang dengan ubi ungu terlihat lebih gelap ketimbang hanya full tepung ketan.
Ternyata ubi bisa lho dibikin camilan gurih seperti ini. Mau coba? Mudah kok.

Bahan:
4 butir telur
100 gram ubi ungu, kukus, dinginkan
200 gram tepung ketan
10 gram kaldu bubuk
4 gram merica bubuk

Cara Membuat:
– Blender telur dan ubi ungu menjadi adonan yang halus dan kental.
– Tuang telur yang sudah diblender ke tepung ketan, aduk rata dengan spatula.
– Masukkan adonan ke dalam cetakan, langsung tekan ke dalam minyak panas. Gunakan api kecil dan terus diaduk supaya warna stik yuyu tetap cantik dan rata.
– Goreng hingga matang. Tanda stik yuyu sudah matang yaitu buih pada stik yuyu yang sedang digoreng tinggal sedikit.
– Tiriskan minyaknya. Dinginkan. Simpan di wadah bertutup rapat.

Balado Keripik Sukun oleh Nungki Hamasah

 

Balado Keripik Sukun

Tema 1 Dasawarsa NCC pangan lokal sangat cocok dengan visi misi saya sebagai mahasiswi pertanian yang sangat cinta ketahanan pangan. Berawal dari jenuh karena sejak kemarin Ibu mengolah sukun hanya digoreng menggunakan tepung, maka siang tadi saya membuat menu
camilan lainnya. Berbekal bumbu dapur yang mudah dan 1 buah sukun ukuran sedang, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Balado Keripik Sukun. Langsung saja, ini resep dari saya.

Bahan:
Keripik Sukun
1 buah sukun, potong tipis 1-2 mm
1 buah bawang putih
3 sdm garam

Bumbu
7 buah bawang merah
5 buah bawang putih
7 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
5 lembar dau jeruk, iris lembut
1 buah tomat segar, bagi menjadi 8
3 sdm gula pasir
2 sdm kecap manis
garam secukupnya

Cara meembuat:
1. Sukun yang sudah diiris tipis direndam di air bawang dan garam
selama 15 menit. Tiriskan dan goreng hingga garing
2. Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu 4-5 sdm
3. Bumbu ditumbuk kasar atau bisa dengan bantuan penghalus bumbu.
Jangan sampai terlalu halus.
4. Tumis bumbu dengan api sedang kira-kira 6-7 menit.
5. Bumbu yang sudah matang biasanya arum dan beruba warna kecoklatan
6. Jika umbu sudah bersarang, sukun yang sudah digoreng bisa
dimasukkan sembari kecilkan api hingga kecil.
7. Balado keripik sukun siap disajikan, selamat mencoba

Tips: Jika menggoreng sukun tidak sampai kering, sukun akan susah
digigit. Jadi, pastikan sukun benar-benar garing ya. Kalau tidak mau
garing, mending sekalian buat balado sukun basah, artinya sukunnya
digoreng sebentar dan potongannya lebih tebal. Hasilnya akan mendapat
tekstur sukun yang empuk.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Mochi Singkong Naga Merah oleh Iin Sidharta

Kali ini bahan dasarnya singkong, karena singkong parut yg dikukus itu teksturnya lengket2 gitu, jadi keinget kue mochi yg dari tepung ketan… bisa kali ya jadi substitusi. Resep mochi singkong bertebaran di internet, hampir sama semua… kayaknya udah saling contek sih jd gak tau lagi yg originalnya dari mana.

Supaya warnanya lebih menarik selera, aku tambahi buah naga merah yang seksi menggelora dan lagi hits banget itu… kebetulan juga selalu punya stok krn bermasalah sama kolesterol melulu, hehe… Berikut resepnya yaa…

 

Mochi Singkong Naga Merah

By Iin Sidharta

Bahan Kulit:

200 gr singkong (bersih setelah dikupas), parut kasar, kukus
25 gr gula halus
25 gr daging buah naga merah

Bahan Isi:

65 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai
1,5 sdm gula pasir
1,5 sdm air panas

Bahan Taburan:

50 gr tepung maizena, sangrai

Cara:

1. Kulit: haluskan singkong panas2. Tambahkan daging buah naga, haluskan bersama. Tambahkan gula, aduk rata.
(Krn adonan lengket, aku pake ulekan batu yg dibungkus plastik trus diuleni pake tangan)
2. Isi: campur kacang tanah & gula, blender kasar. Tambahkan air panas, aduk rata, buat bulatan2 kecil
3. Ambil 1 sdm adonan kulit, pipihkan. Letakkan bulatan adonan isi di tengah, tutup & bulatkan. Lakukan hingga adonan habis. (Supaya gak lengket, sebelum pegang adonan tangan dilumuri dulu dgn maizena, atau dialas plastik)
4. Gulingkan bola2 mochi di tepung maizena.