Category Archives: tradisional

Kue Lumpur Labu Kuning oleh Selma Alan

 

Kue Lumpur Labu Kuning

Kali ini giliran kue lumpur yang dimodifikasi dengan labu. Kue lumpur kan identik dengan kentang ya? Nah bagaimana kalau kentangnya diganti labu? Wah ternyata enak juga kok. Teksturnya lebih lembut dan warnanya lebih cantik. Untuk topingnya saya menggunakan keju parut. Tapi ternyata enak loh pakai toping keju, ada asin dan gurih kejunya. Coba yuk.

Bahan:
200-250 gram gula pasir (sesuai selera dan tergantung manisnya labu)
500 gram labu kuning, kukus dan haluskan
170 gram tepung terigu
3 butir telur
500 ml santan
Keju parut secukupnya
100 ml minyak goreng

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang.
2. Masukkan labu dan tepung terigu bergantian sambil diaduk rata.
3. Masukkan santan berseling dengan minyak goreng. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan kue lumpur. Tuang adonan kue lumpur.
5. Panggang dengan api kecil hingga matang. Tabur dengan keju parut. Sajikan.

Selamat mencoba

Advertisements

Passau Nggela oleh Selma Alan

 

Passau Nggela

Panganan yang dapat giliran tampil kali ini adalah “Passau Nggela”, jajanan khas Sulawesi Tenggara. Karena sering membuat kue-kue inilah saya jadi ikut menikmati keindahan ragam makanan seluruh Indonesia. Makanan yang belum pernah saya cicipi sebelumnya pun bisa saya rasakan sekarang. Senang sekali karena dengan demikian saya turut serta melestarikan budaya negeri kita tercinta, walaupun saat ini sedang merantau di negeri orang. Dan selama di negeri orang ini, saya lebih banyak menikmati kue khas Indonesia dan belajar membuatnya sendiri. Mungkin karena faktor “rindu kampung” ya?

Resep by Hesti Kitchen dengan modifikasi
Bahan I:
250 gram labu kuning kupas
2 butir telur
75 gram gula pasir
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
100 gram tepung sagu (aslinya tepung beras)
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam

Bahan II:
3 sdm tepung terigu
2 sdm gula pasir halus
150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:
-Bahan I: Kukus labu sampai matang dan empuk. Lumatkan hingga halus.
-Kocok telur, gula dan vanili hingga setengah mengembang.
-Masukkan labu, santan, tepung sagu dan garam, Kocok hingga kental. Sisihkan.
-Bahan II: Campur semua bahan, sisihkan.
-Tuang setengah bagian adonan I ke dalam loyang kotak 18x18x7 cm.
-Kukus dengan api sedang selama 10 menit sampai setengah matang.
-Tuang setengah bagian adonan II ke atasnya. Kukus lagi selama 5 menit.
-Tuang sisa adonan I, kukus selama 10 menit.
-Terakhir, tuang sisa adonan II, kukus hingga 20 menit atau sampai matang.
-Dinginkan, potong dan sajikan.

Selamat mencoba

Lapek Bugih oleh Ani Igon

 

LAPEK BUGIH

Resep by Yenny Endro

…karena lagi pengen makan lapek bugih seperti yang di kampung sana.., akhirnya bikin sendiri.. dan berhasil juga.. yeeaaiii!…

Bahan :
250 gr kelapa parut
100 gr gula pasir
100 ml air
2 lbr daun pandan
1/2 sdt garam

Bahan Saus :
300 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
3 sdm tepung beras
1 lbr daun pandan, simpul
1/4 sdtt garam

Bahan Kulit :
250 gr tepung ketan hitam
50 gr gula halus
1/4 garam
200 ml air hangat
Daun pisang secukupnya

Cara Membuat :
Isi : Campur semua bahan isi dan masak dgn api sedang sambil terus diaduk selama 30 menit atau hingga mengental. Angkat dan sisihkan
Saus : Campur semua bahan saus dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk selama 30 menit atau hingga menegental
Kulit : Campur tepung ketan hitam, gula halus, garam, dan air hangat. Uleni hingga lembut. Ambil 1 sdm adonan kulit, pipihkan. Beri adonan isi, bulatkan2. Lakukan hal sama hingga adonan habis.
Siapkan contong dari daun pisang, masukkan 1 adonan kue dan siram 1 sdm saus. Lipat hingga berbentuk segitiga. Lakukan hal sama hingga adonan habis
Susun di kukusan, kukus selama 30 menit. Anfkat

* Untuk : 6 porsi

Selamat mencoba..

Pukis Labu Kuning oleh Selma Alan

 

Pukis Labu Kuning Keju

Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven). Pukis dapat dikatakan sebenarnya adalah modifikasi dari kue wafel. Variasinya bermacam-macam, diberi taburan coklat butir,keju, selai nanas, sukade (manisan buah, biasanya dari pepaya dan dipotong kecil kecil serta berwarna warni) ataukacang.

Kalau pukis labu kuning udah pernah nyoba belum teman-teman? Ternyata lebih enak jauh dibanding pukis biasa. Lebih lemak dan lembut. Warnanya kuning cantik khas labu kuning. Nggak sia-sia deh eksperimen dengan labu ni, kue menjadi lebih sedap saja dibuatnya. Sekalian beramal memberdayakan pangan lokal kita. Coba yuk.

Bahan:
1. 200-250 gram gula pasir (sesuai selera dan tergantung manisnya labu)
2. 500 gram labu kuning, kukus dan haluskan
3. 170 gram tepung terigu
3. 3 butir telur
4. 500 ml santan
5. Keju parut secukupnya
6. 100 ml minyak goreng
7. 1 sdt ragi instan

Cara membuat:
1. Campur ragi dan 1 sdm air putih serta 1 sdm gula pasir. Diamkan selama 15 menit.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang.
3. Masukkan labu dan tepung terigu bergantian sambil diaduk rata.
4. Masukkan santan berseling dengan minyak goreng. Aduk rata. Masukkan ragi, diamkan selama 30 menit.
4. Panaskan cetakan pukis. Aduk adonan pukis lalu tuang kedalam cetakan kue pukis.
5. Panggang dengan api kecil hingga setengah matang. Tabur dengan keju parut. Tutup dan panggang hingga matang. Sajikan.

Selamat mencoba

Putu Ayu Labu Kuning oleh Selma Alan

 

Putu Ayu Labu Kuning

Sumber: Diah Didi dengan sedikit modifikasi

Putu ayu kadang disebut juga putri ayu adalah jajanan indonesia yang cukup populer. Kue ini identik dengan kue pandan kukus dengan kelapa parut diatasnya. Ternyata labu kuning bisa juga dibuat putu ayu loh. Jadi sebagian tepung terigunya diganti labu kuning. Hmm lebih sedap, lembut dan wangi. Warnanya juga cantik. Alami tanpa pewarna buatan. Perpaduan labu dan kelapa memang cocok banget. Gurihnya kelapa dan manis serta lembutnya labu, klop deh.

Bahan:
1. 4 butir telur
2. 100 gram gula pasor
3. 1 sdt emulsifier (saya nggak pakai)
4. 75 gram tepung terigu
5. 175 gram labu kuning, kukus dan haluskan
6. 100 ml santan kental
7. 1/4 sdt garam
8. 1/4 sdt vanili bubuk
9. Kelapa parut kukus dengan garam

Cara Membuat:
1. Siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak dan beri parutan kelapa diatasnya sambil dipadatkan. Sisihkan.
2. Panaskan kukusan berisi air hingga mendidih.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili bubuk. Kocok rata.
4. Masukkan tepung terigu sambil diayak hingga tercampur rata.
5. Masukkan santan dan labu kuning halus. Aduk rata menggunakan spatula.
6. Tuang adonan ke dalam cetaka dan kukus kurang lebih 15 menit.
7. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Selamat Mencoba

Bola Sentiling Isi Pisang oleh Miranti Sagita

 

Bola Sentiling Isi Pisang

Bahan dan cara membuat sentiling singkong ini sangat sederhana dengan bahan utama singkong dan kelapa, modal membuatnya pun murah banget nih.
Resep ini diambil dari resep membuat sentiling warna warni hanya saya modifikasi dengan cara menambah isian pisang, kebetulan di rumah lagi ada pisang.
Jika bingung dengan nama sentiling, sentiling ini mirip – mirip cenil, cenil terbuat dari kanji sedangkan sentiling terbuat dari singkong.
Sentiling ini cocok sekali sebagai teman minum teh dan teman nyemil.

Bahan:
500 gr singkong parut dan peras buang airnya
100 gr gula pasir
100 ml air santan
1/2 sdt garam
1/2 sdt vaneli bubuk
2 tetes essens pandan
1 buah pisang tanduk, kukus potong kotak untuk isian

Bahan pelapis:
100 gr kelapa parut
1 lembar daun pandan
Garam sejumput

Cara buat:
1. pelapis: aduk rata, kukus semua bahan pelapis selama 15 menit.
2. Masak santan, gula, garam sampai mendidih
3. Masukan bahan cair ke parutan singkong beri vanili dan essens pandan aduk rata.
4. Bentuk bulat adonan lalu pipihkan beri potongan pisang, bulatkan kembali.
5. Kukus selama 30 menit.
6. Gulingkan ke bahan pelapis.

Jumlah porsi : 55 buah.

Selamat mencoba.

Bubur Ubi Tapioka by Neni Puspita

kesampaian juga ikutan setor NCC Pangan Lokal weeks…

Bubur ubi tapioka ini termasuk jajananku sewaktu masih SD nama bekennya sih  di kota asalku Semarang Bubur Telo, sampai sekarang pun masih banyak dijumpai di pastrad. Tapi setelah pindah ke daerah timur susah ketemu bubur ubi taioka ini..  Rasanya yang manis dipadukan dengan santan yang gurih jd kebayang legit legit gituu deeh rasanya …

berikut ini resepnya yaaa ..
500 g ubi pilih yang warnanya kuning kupas dan potong potong dadu
500 ml air
100g gula merah sisir
1st garam

50g tepun tapioka yg diencerkan dengan sedikit air

kuah santan

150ml santan kental
garam

daun pandan

cara membuat

panaskan air sampai mendidih
masukkan potongan ubi rebus sampai mendidih dan empuk
masukkan gula merah sisir dan garam #dicicip kalau kurang manis bisa ditambah gula putih
setelah gula larut kentalkan dengan tepung tapioka yang sudah diencerkan terlebih dahulu.

kuah santan rebus semua bahan sambil diaduk aduk sampai mendidih

Mudah bukan membuatnya … semoga bermanfaat yaaa ..

bighugs
nEnI puspita