ROTG (Tata Cara)

Berikut adalah Tata Cara dan Peraturan (Rule Of The Game=ROTG) untuk ikutan NCC PANGAN LOKAL :

  1. NCC PANGAN LOKAL WEEK (NCC-Panlok) dapat di ikuti oleh semua NCCers di manapun berada, baik member baru ataupun lama. NCC-Panlok dimulai dari tanggal 17 Januari 2015 sampai dengan 18 Februari 2015 pukul 24.00. (laporan yang diterima setelah tanggal 18 Februari 2015 akan diterima sebagai arsip di blog). Resep dan foto yang dikirim merupakan hasil karya NCCers di periode NCC-Panlok ini, bisa yang mulai dibuat sejak tanggal 16 Januari 2015.
  2. Resep dan Foto yang dipilih akan dibukukan dan dijual untuk umum, hasil penjualan SEMUA BUKU akan menjadi sumbangan NCC kepada Dompet Dhuafa.
  3. Setiap penganan yang sudah siap, diatur dalam komposisi yang baik dan menarik lalu difoto. Minimal yang difoto adalah hasil akhir. Foto untuk setiap laporan dengan jumlah total besar foto 100kb, atau kurang lebih 450 x 300 pixel). Untuk menghemat bandwidth satu kreasi = cukup satu foto saja yang dilaporkan. Dua kreasi = 2 foto dan seterusnya(dalam email terpisah). Jangan lupa Foto diberi watermark.
  4. Disiapkan pula foto dengan kapasitas besar TANPA watermark. Bagi resep yang terpilih foto akan digunakan oleh Dompet Dhuafa untuk dimasukkan dalam buku.
  5. Laporan / posting kreasi berupa cerita,resep dan foto wajib dikirimkan ke nccpanganlokal@gmail.com dan silahkan cc ke milis atau ke group FB NCC agar bisa sekalian laporan. Laporan yang tidak dikirim ke alamat email ini (dan hanya dikirim ke milis atau ke FB Group saja) tidak akan diikut sertakan dalam event ini. Berikutnya laporan ini akan kami upload ke blognccpanganlokal.wordpress.com dan ke Album di FB Page khusus 1 Dasawarsa NCC. Pastikan ya foto yang di kirim sudah yang terbaik.
  6. Silakan praktek membuat kreasi pangan nasional Indonesia dengan resep yang sudah pernah di-share ataupun resep milik sendiri, resep warisan keluarga, dan resep lain yang sudah dimodifikasi.
  7. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1laporan (atau sebanyak-banyaknya supaya makin kaya resep kreasi pangan lokal Indonesia). Dalam setiap laporan diharapkan peserta menyertakan cerita di balik kreasi pangan lokal tersebut, bisa berupa kenangan terkait resep tersebut, asal daerah, dan atau filosofi proses pembuatan penganan tersebut. Juga bisa ditambahkan tips tertentu di akhir setiap resep.
  8. Penulisan laporan sebaiknya memakai bahasa dan ejaan yang baik meskipun tidak selalu benar dalam segi tatabahasa Indonesia. Hindari pemakaian singkatan supaya mempermudah untuk dibaca, dipahami dan diikuti oleh banyak orang secara umum.
  9. Peserta yang sudah menyelesaikan laporannya diperkenankan memajang logo NCC PANGAN LOKAL WEEK yang akan di kirim oleh panitia ketika peserta sudah memberikan laporan ke email yang bersangkutan (di ulang ya..laporan yang akan di data hanya yang kirim ke email…:D). Logo bisa di pasang di blog masing-masing (caranya: save as/download logo ke komputer Anda lalu upload ke blog sebagai gambar).
  10. Jika tidak memiliki blog, diperkenankan memajang logo NCC PANGAN LOKAL WEEK ini di Facebook atau jejaring sosial lain yang Anda miliki.
  11. Jika masih ada pertanyaan seputaran event ini, bisa disampaikan di milis atau langsung ke nccpanganlokal@gmail.com. Acara ini akan resmi dibuka sewaktu Launching 1 Dasawarsa NCC, hari Sabtu, tanggal 17 Januari 2015 besok.