Tag Archives: ikan asin

Tumis Ikan Asin Jambal oleh Alfa Khasanah

Mau Laporan lagi
kali ini aku masak dengan menu ala penduduk tempatku tinggal
Menu ini biasanya disajikan saat makan siang.
Menu simple tapi bikin nambah terussssss hihihihi

 

Tumis Ikan Asin Jambal

Bahan

250 g Ikan jambal(cuci bersih agar ga terlalu asin saat dimasak),potong kecil-kecil atau bias disuwir-suwir
1 buah bawang Bombay iris tipis
2 suing bawang putih iris tipis
5 cabe rawit (kl mau pedas boleh ditambah)iris tipis
2 buah tomat iris kecil2
3 sdm minyak sayur buat menumis

Pelengkap

Talas rebus sebagai pelengkap(bias juga diganti dengan singkong rebus atau ubi rebus)

Cara membuatnya

1. Tumis semua bumbu iris kecuali tomat,sampai layu dan harum
2.Masukkan ikan asin aduk rata,tumis hingga matang.(aku tidak pakai garam lagi).
3.Masukkan irisan tomat,aduk rata sebentar.
4.matikan api,angkat taruh diwadah
5.Siap untuk disajikan dengan bahan pelengkapnya

Advertisements

Ikan Asin Petek oleh Nina Winarni

…Ikan asin. Hihiihihii…..siapa sih yang gak kenal nama yang satu ini. Ini adalah makanan sejuta umat. Di daerah saya,jawa barat dan banten,sering banyak ditemukan ikan asin petek. Didaerah tasikmalaya dan bandung biasa di sebut ikan asin pepetek. Mungkin didaerah lain disebut dengan nama yang berbeda. Bentuk ikan segar nya sih seperti ikan bawal laut,tapi biasanya yang dibikin asin tuh ukuran nya kecil-kecil. Kurang lebih seukuran lebar 3 jari dewasa bila digandengkan. Didaerah ncc-er disebut ikan apa,ya ?. Tapi ikan ini boleh diganti ikan asin lain kok,terutama ikan asin peda,ehmmm boleh dicoba deh.

 

Ikan Asin Petek Selimut Pete

Bahan :

3 asin ikan petek isi 3 ( bisa diganti ikan asin lain )
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
3 biji cenggek setan
2 biji cabe merah keriting
1 buah jagung manis ukuran kecil
1 papan pete kupas
Sedikit garam
Sedikit gula pasir
Minyak untuk menggoreng dan menumis

Caranya :

– Cuci bersih ikan asin,buang insang sama perutnya tiriskan. Goreng kering angkat.
– Ulek bawang putih,bawang merah,cabe dang cenggek.
– Cuci jagung manis terus pipil.
– Tumis bumbu ulek tadi,masukan jagung pipil dan pete,beri air sedikir.didihkan lalu
Masukan Ikan asin petek,beri gula dan sedikit garam. Tunggu sampe bumbu meresap.
– Bila dirasa sudah cukup matang siap diangkat dan disajikan.

Bisa dimakan sama nasi,sama singkong rebuspun bisa.
Jika suka pedas bisa ditambahkan cabe lagi.
Pete bisa di skipp.
Ikan asin bisa diganti ikan asin lain. Selamat mencoba.

Orak Arik Ikan Asin Peda

Yang namanya Ikan asin pasti menggiurkan , apalagi disantap dengan sayur asem dan sambal terasi.
Di Indonesia kita banyak mengenal varian ikan asin,semua jenis ikan bisa dijadikan ikan asin.
Biasanya menyantap ikan asin cukup digoreng saja dengan ditambah sambal sebagai pelengkapnya .
Kali ini saya akan olah ikan asin jenis peda menjadi orak arik ikan asin.

Resep : Nyahtomo sari

Orak Arik Ikan Asin Peda

Bahan yang dibutuhkan  :
2 ekor ikan asin peda (pilih yang agak besar)
2 butir telur
4 siung bawang putih rajang halus
3 siung bawang merah rajang halus
6 buah cabe rawit merah (atau disesuaiakan tingkat kepedesan nya sesuai dengan selera , kalau saya suka pedes ) rajang halus
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

  1. Rendam sebentar ikan asin peda ,, cuci bersih lalu pisahkan daging ikan peda dari durinya  (atau gunakan cara mengukus sebentar ikan asin , cara ini memudahkan daging ikan peda lepas dari durinya , sisihkan
  2. Siapkan wajan ,
  3. Tuang 2 sdm minyak goreng
  4. Tumis bawang putih hingga layu dan harum
  5. Masukkan bawang merah , tumis aduk aduk
  6. Masukkan irisan cabe rawit merah aduk aduk
  7. Masukan daging ikan peda (tanpa duri )
  8. Tuang 2 butir telur yang yang telah di kocok sebentar di dalam wajan
  9. Adu- aduk hingga orak arik matang dan kering
  10. Setelah masak pindahkan ke piring saji , sajikan

Note: Saya tidah tambahkan garam karena ikan asin peda sudah asin ,walaupun sudah direndam

Asin Japuh Balado

Dear admin,
berikut setoran foto dan resep saya dalam rangka berpartisipasi di pekan ketahanan pangan lokal NCC.

Terima kasih,

Salam
Dewi Nova

Asin Japuh Balado

Resep :
100 gr ikan asin japuh (1 kantong kecil di tukang sayur)
10 butir cabe merah
5  butir cabe rawit merah
5 siung bawang merah
1 buah tomat ukuran sedang
1 papan petai
2 lembar daun jeruk
1 sendok teh garam (sesuai selera)

Cara membuat :

  1. – ikan asing diseduh, tiriskan, lalu digoreng dan sisihkan
  2. – haluskan cabe, bawang merah, tomat
  3. – tumis bumbu yg sudah dihaluskan tambahkan garam (bila perlu) lalu masukan petai dan daun jeruk, aduk     sebentar  kemudian masukan ikan asin
  4. – siap dihindangkan.