Tag Archives: legit

Bingka Singkong Keju oleh Nila Cake

 

Bingka Singkong Keju

Bahan :

2 butir telur
200 ml santan instan
1/2 sdt vanilli bubuk
900 gr singkong
250 ml air
200 gr gula pasir
40 gr margarine
40 gr keju parut

Cara Membuat :

1. Parut / blender singkong. Bila diblender, beri sedikit air agar mudah dalam proses blendernya.
2. Kemudian peras dengan kain bersih, tampung air perasannya dalam wadah terpisah. Sisihkan singkong yang sudah diperas dalam mangkuk besar. Endapkan air perasan singkong, buang air yang telah jernih kemudian gabungkan pati dengan parutan singkong yang sudah diperas.
3. Dalam wadah terpisah, kocok lepas telur. Tuang santan dan vanilli bubuk, aduk rata, sisihkan.
4. Rebus air dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api. Kemudian masukkan margarine, aduk hingga meleleh. Tuang dalam wadah yang berisi parutan singkong. Aduk rata. Adonan akan sedikit mengental. Biarkan hingga hangat.
5. Bila sudah tidak panas lagi, masukkan campuaran telur dan santan kedalam adonan singkong. Aduk rata.
6. Tuang dalam loyang uk. 20×20 yang sudah di oles mentega dan di alas kertas. Taburi keju diatasnya.
7. Panggang dengan suhu 180 derajata celcius selama kurleb 45 menit atau hingga matang. Lakukan tes tusuk.
8. Setelah matang, keluarkan dari oven kemudian diamkan sampai benar-benar dingin. Keluarkan dari loyang. Potong, sajikan.

Note.

– Penganan ini enak dinikmati saat dingin. Jadi simpan dikulas lebih baik.

Sangat dianjurkan memotongnya saat dalam keadaan benar-benar dingin agar tidak lengket dipisau saat dipotong

Air untuk memblender singkong diluar dari air pada resep. Sedikit saja, hanya untuk memancing blender agar bisa mutar.

Advertisements

Awug Awug oleh Dwee Dwek

… di daerahku, awug-awug biasa ini tersaji saat ada acara khitanan atau perkawinan sebagai jajanan bagi tamu yang hadir sebelum atau setelah acara resepsi , jadi jajanan ini tidak pernah terhidang saat acara resepsi karena biasanya saat resepsi menu yang disajikan yang lebih ‘berkelas,’ sedangkan awug-awug ini tergolong jajanan kampung , hehehee… tetapi meskipun merupakan jajanan kampung atau ndeso , awug-awug ini rasanya enak karena manis dan mudah cara membuatnya.

 

Awug-awug

bahan :

1/2 kg sagu panjang (bisa juga menggunakan sagu mutiara)
1/2 butir kelapa muda , parut panjang
50 gr -100 gr gula pasir * sesuaikan manisnya *
sedikit garam
daun pisang , untuk membungkus
lidi , untuk menyemat

Cara Membuat :

rebus sagu hingga empuk, angkat dan tiriskan.
campur dan aduk semua bahan (sagu panjang, kelapa muda parut, gula pasir dan sedikit garam) hingga rata.
Ambil 1- 2 sendok adonan, letakkan di atas daun pisang lalu bungkus dan semat dengan lidi lakukan hingga adonan habis.
panaskan dandang atau kukusan hingga beruap banyak lalu kukus hingga matang atau daun layu.

Note :
kelapa muda parutnya tergantung selera, lebih suka banyak kelapa atau sama banyak dengan sagunya

Singkong Gula Merah oleh Rini S

Dulu sering banget dikasih tetangga rasanya yang kenyal, manis dan legit bikin nagih. Udah lama pengen bikin tapi ngga tau nama dan resepnya. Hah untung sekarang ada mbah Google ya… jadi bisa cari-cari disana, setelah ubek- ubek akhirnya dapet juga. Ternyata gampang banget.

 

Singkong Gula Merah

Bahan :

– 1 kg singkong, potong-potong
– 175 gr gula merah, iris-iris
– 1000 ml air
– 2 lembar daun pandan
– garam secukupnya
– Vanili secukupnya

Cara membuat :

– Rebus singkong, air dan daun pandan sampai singkong mekar, matang dan empuk
– Tambahkan gula merah, garam dan Vanili
– Masak sampai air gula mengental sambil terus di aduk agar bagian bawah tidak gosong

Catatan :
Banyak nya air terganggu pada singkongnya, apabila singkong tidak mudah empuk Maka air yang di gunakan cukup banyak. Caranya dengan menambahkan air sedikit-sedikit sampai singkong menjadi mekar, dan empuk.

Mochi Singkong Naga Merah oleh Iin Sidharta

Kali ini bahan dasarnya singkong, karena singkong parut yg dikukus itu teksturnya lengket2 gitu, jadi keinget kue mochi yg dari tepung ketan… bisa kali ya jadi substitusi. Resep mochi singkong bertebaran di internet, hampir sama semua… kayaknya udah saling contek sih jd gak tau lagi yg originalnya dari mana.

Supaya warnanya lebih menarik selera, aku tambahi buah naga merah yang seksi menggelora dan lagi hits banget itu… kebetulan juga selalu punya stok krn bermasalah sama kolesterol melulu, hehe… Berikut resepnya yaa…

 

Mochi Singkong Naga Merah

By Iin Sidharta

Bahan Kulit:

200 gr singkong (bersih setelah dikupas), parut kasar, kukus
25 gr gula halus
25 gr daging buah naga merah

Bahan Isi:

65 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai
1,5 sdm gula pasir
1,5 sdm air panas

Bahan Taburan:

50 gr tepung maizena, sangrai

Cara:

1. Kulit: haluskan singkong panas2. Tambahkan daging buah naga, haluskan bersama. Tambahkan gula, aduk rata.
(Krn adonan lengket, aku pake ulekan batu yg dibungkus plastik trus diuleni pake tangan)
2. Isi: campur kacang tanah & gula, blender kasar. Tambahkan air panas, aduk rata, buat bulatan2 kecil
3. Ambil 1 sdm adonan kulit, pipihkan. Letakkan bulatan adonan isi di tengah, tutup & bulatkan. Lakukan hingga adonan habis. (Supaya gak lengket, sebelum pegang adonan tangan dilumuri dulu dgn maizena, atau dialas plastik)
4. Gulingkan bola2 mochi di tepung maizena.

Tiwul Ayu Pandan oleh Chrisna Rahmawati

Dapat oleh2 Tiwul instant, buat kami yang di Amrik itu bagaikan dapat berlian runtuh…he..he..he.,Tapi kepingin makan tiwul yang beda dari biasanya.dan setelah browsing browsing, nemulah resep mbak Diah Didi’s kitchen, mulailah eksperimen dimulai. karena diresep dipakai tepung gaplek yg halus dan dengan rasa asli, sedangkan tiwul oleh2ku teksturnya masih asli tekstur tiwul yang kasar, jadi aku haluskan dulu tiwulku dengan food processor. Dan lagi tiwul instantku berwana hijau dan beraroma pandan. Jadi gula merah di resep kuganti gula putih supaya warna dan aromanya tidak berubah dan memang enakkk banget. oke simak resepnya ya….

 

Putu Ayu Pandan

sumber resep : Diah Didi’s kitchen

Bahan:

100 gram tepung gaplek( saya pakai tepung tiwul)
25 gram tepung terigu protein sedang(saya pakai all purpose)
2 butir telur
1/4 sdt garam
1/8 sdt vanili
100 ml santan{ saya pakai santan instant)
100 gram kelapa parut, beri sejumput garam, aduk rata, kukus 10 menit

Cara Membuat:

1. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental, masukkan vanili, garam, kemudian masukkan tepung tiwul dan santan bergantian sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan rendah.
2..Siapkan cetakan, oles minyak goreng atau mentega. isi 1/3 cetakan dengan kelapa parut kukus, padatkan, kemudian beri adonan hingga hampir penuh,
3. Kukus kira kira 20 menit sampai matang. sajikan.

Traditional cassava steam cake/Talam singkong oleh Ida Demeester

Kue talam singkong dengan penampilan cantik ini merupakan dessert yang selalu dicari, rasanya yang istimewa dengan aroma gula merah yang eksotis, tentu saja dengan santan kelapa yang non kolesterol membuatnya menjadi makanan penutup yang sehat.

 

Traditional cassava steam cake / Talam singkong

Bahan I:

500 gram singkong parut
250 gram kelapa parut kasar (aku pakai yang kering 50gr)
250 gram gula merah, disisir halus
30 gram tepung sagu (tapioca)
1/2 sendok teh garam
50 ml air / santan

Bahan II:

300 ml santan dari 1/2 butir kelapa, dihangatkan
5 sendok makan tepung beras
2 sendok makan tepung sagu
1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

Bahan I:
aduk rata singkong parut,kelapa parut, gula merah,tepung sagu, garam, dan air.
Tuang ke dalam cetakan kue talam hingga 3/4 tinggi cetakan. Cetakan harus dioles minyak. Kukus di atas api sedang 15 menit.

Bahan II :
tuang santan ke dalam campuran tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Tuang di atas bahan I. lanjutkan mengukus sekitar 35 menit.

Cassava Brownies oleh Reny Martiana

… Pertama kali membuat brownies dari tepung mocaf, ternyata ga kalah enak dengan brownies yang menggunakan tepung terigu…

 

Cassava Brownies

By Ricke Indriani

Bahan:

225 gram margarine
125 gram dark cooking chocolate
—> Lelehkan bersama, sisihkan

200 gram tepung MOCAF
50 gram coklat bubuk
20 gram susu bubuk full cream
½ sdt baking powder
1 sdt vanilla

4 butir telur ukuran sedang (jika besar pakai 3 butir saja)
300 gram gula pasir

Taburan:
Kacang-kacangan (mede, almond, kenari, dll), Chocolate chips sesuai selera.

Cara membuat:

1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 1 buah loyang persegi ukuran 24x24x4 cm atau 2 buah loyang ukuran 10x30x4 cm, olesi dengan margarine, alasi dengan kertas roti (lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm untuk mengeluarkan brownies dari loyang), olesi lagi dengan margarine. Sisihkan.
2. Ayak bahan kering: tepung MOCAF, coklat bubuk, susu bubuk, baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang) dengan menggunakan hand whisk atau mixer sebentar saja. Masukkan campuran dark chocolate dan margarine yang sudah dilelehkan dan vanilla. Aduk rata.
4. Masukkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk rata cukup hingga bercampur rata saja. Jangan over mix.
5. Tuang ke loyang, taburi dengan bahan taburan sesuai selera. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing.
6. Keluarkan dari oven. Biarkan sebentar dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengankat kertas rotinya. Dinginkan dan potong-potong.