Tag Archives: PISANG

Puding Pisang Santan oleh Kurnia Fitriyanti

Puding Pisang Santan

Biasanya kalo buat puding pakai resep ini selalu untuk labu kuning. Naah… berhubung beberapa hari ini lagi suliiiiittt cari labu kuning, mulailah memodifikasi. Pakai pisang ambon yang sudah matang sekali yang kebetulan ada… semua resep sama cuma labu kuning diganti dengan pisang ambon. Hasilnya tetep enaaak…

Bahan:
250 gr pisang ambon matang
100 gr gula pasir
1 bks agar-agar
½ bks Jelly plain
1000 ml santan
Pewarna hijau secukupnya
Sejumput garam

Cara Membuat:
1 Haluskan pisang, sisihkan
2. Masak santan, gula pasir, jelly, dan garam sampai mendidih
3. Tuang 1/3 kedalam cetakan, biarkan mengeras
4. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan kedalam sisa agar-agar, angkat
5. Tuang sisanya ke dalam cetakan yang sudah diisi sebelumnya, biarkan mengeras
6. Keluarkan dari cetakan, potong-potong.

Advertisements

Carang Gesing oleh Herawati

 

CARANG GESING

Kami sekeluarga suka pisang. Digoreng, dikukus, atau diolah menjadi
berbagai jenis makanan dan kue. Kali ini saya membuat kudapan yang
gampang banget deh bikinnya…..
Biasanya adonan carang gesing dibungkus daun pisang sebelum dikukus. Tapi saya lebih suka dan lebih mudah memasukkan adonan ke dalam wadah yang aman kemudian dikukus.
Yang penting rasanya tetap Carang Gesing

Bahan :
2 butir telur ayam
60 gram gula pasir
250 ml santan (saya menggunakan santan instan sekitar 70cc ditambah air 180cc)
¼ sdt garam halus
1 lembar daun pandan potong2
4 buah pisang tanduk yang matang, potong-potong

Cara membuat :
1. Campur telur dan gula, kocok sampai gula larut
2. Tambahkan santan, garam dan potongan pisang, aduk rata
3. Tata daun pandan di dasar loyang atau pyrex, masukkan semua
bahan ke dalamnya
4. Kukus kira-kira 30 menit atau sampai pisang matang. Sajikan
panas atau dingin sesuai selera

Bola Sentiling Isi Pisang oleh Miranti Sagita

 

Bola Sentiling Isi Pisang

Bahan dan cara membuat sentiling singkong ini sangat sederhana dengan bahan utama singkong dan kelapa, modal membuatnya pun murah banget nih.
Resep ini diambil dari resep membuat sentiling warna warni hanya saya modifikasi dengan cara menambah isian pisang, kebetulan di rumah lagi ada pisang.
Jika bingung dengan nama sentiling, sentiling ini mirip – mirip cenil, cenil terbuat dari kanji sedangkan sentiling terbuat dari singkong.
Sentiling ini cocok sekali sebagai teman minum teh dan teman nyemil.

Bahan:
500 gr singkong parut dan peras buang airnya
100 gr gula pasir
100 ml air santan
1/2 sdt garam
1/2 sdt vaneli bubuk
2 tetes essens pandan
1 buah pisang tanduk, kukus potong kotak untuk isian

Bahan pelapis:
100 gr kelapa parut
1 lembar daun pandan
Garam sejumput

Cara buat:
1. pelapis: aduk rata, kukus semua bahan pelapis selama 15 menit.
2. Masak santan, gula, garam sampai mendidih
3. Masukan bahan cair ke parutan singkong beri vanili dan essens pandan aduk rata.
4. Bentuk bulat adonan lalu pipihkan beri potongan pisang, bulatkan kembali.
5. Kukus selama 30 menit.
6. Gulingkan ke bahan pelapis.

Jumlah porsi : 55 buah.

Selamat mencoba.

Sanggara Janda oleh Meinina

…Sanggara Janda khas Bugis Sulawesi Selatan. Pasti pada bingung yah makanan kok namanya pake janda. Untuk makna dari nama ini sendiri aku kurang tau adal usulnya, yang aku tau Sanggara itu artinya Pisang. Makanan ini terbuat dari Pisang kepok yang masih hijau dan keras. Disantap dengan sambel terasi tumis. Banyak sekali teman-teman aku yang kaget dengan cara makan pisang ini, pisang dengan sambel terasi, apa enaknya? Coba dulu baru deh berkomentar. Hihihii.. Makanan ini juga sangat mengenyangkan, karena gak mungkin cuman makan 1 pisang…

 

Sanggara Janda

Bahan :

Pisang Kepok muda 6 buah
Minyak untuk menggoreng

Sambal :

Cabe Rawit 10 buah
Bawang putih 3 sium
Bawang merah 5 sium
Ebi kering 1 sdm
Terasi bakar 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt

Cara membuat :

1. Kupas pisang, lalu belah dua memanjang.
2. Panaskan minyak, lalu goreng pisang hingga setengah matang.
3. Anggkat pisang, tiriskan.
4. Tumbuk pisang menggunakan ulekan diatas talenan satu persatu, jangan sampai hancur, cukup sampai agak pipih sedikit.
5. Goreng kembali pisang hingga garing. Angkat tiriskan.
6. Untuk sambal, goreng cabai dan bawang bawangan agar mudah di ulek.
7. Lalu ulek semua bahan sambal sampai halus.
8. Tumis kembali sambal hingga benar benar wangi.
9. Siap disantap dengan teh hangat.

Barongko oleh Rini S

…Barongko ini dibuat setelah mendapat masukan resep dari grup FB NCC untuk acara business day di Sekolah anak saya…

 

Barongko

Bahan :

1 sisir Pisang kepok yg sudah mateng (bagusan pake yg kelewat mateng dan lembek bgt)
5 butir telur
7-10 sdm gula pasir (sesuai selera)
3 pak santan instan(saya pake kara)
Air secukupnya
Sejumput garam

Cara membuat:

– kupas pisang kepok ambil daging sekitar biji (bijinya ga dipake)
-blender pisang+santan+gula dan air secukupnya (biar bisa muter aja)
-telur dikocok lepas,campurkan blenderan pisang tambahkan garam
– siapkan daun pisang seperti utk membungkus nasi,masukkan adonan pisang,semat dgn lidi
– kukus dengan dandang yg panas selama 30 menit

Tadi saya pake cuman 2 pak kara dan kurang gurih,jadi mungkin pake 3 – 4 pak
Kalo susah dapat daun pisang,biasanya dicetak dalam cetakan kaca(pyrex) tapi yang bikin khas dari barongko itu dari daun pisang
Setelah dingin simpan barongko dalam kulkas kalo udah dingin satu bungkus ga akan cukup..heheh
Favorite kaka saya adalah frozen barongko,highly recommended lho..

Getuk Pisang oleh Selma Aan

Beranjak lagi ke bahan pangan lokal yang paling mudah didapat. Pisang adalah salah satu buah favorit segala kalangan usia, apalagi anak-anak pasti doyan banged sama buah kuning ini. Tanaman pisang adalah tanaman serba guna. Buahnya yang sudah pasti bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, daunnya yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan kemudian batang dan jantungnya pun enak dijadikan sayuran. Karenanya pisang dikategorikan sebagai bahan pangan lokal pengganti nasi, karena memang buah ini memiliki efek mengenyangkan.
 
Getuk merupakan jajanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Tapi getuk nggak selalu identik dengan singkong atau ubi loh. Pisang enak juga dijadikan getuk. Bahkan saya lebih menyukai getuk pisang dibandingkan getuk singkong dan getuk ubi, beneran lebih enak dan manis. Membuatnya mudah dan insyaAllah mengenyangkan. Bisa dijadikan sebagai sarapan atau teman minum teh di sore hari.
Bahan:
1. 8 buah pisang raja yang masih keras
2. 250 gram gula halus atau sesuai selera tergantung manisnya pisang
3. Kelapa parut secukupnya, kukus sebentar dengan garam
Cara Membuat:
1. Rebus pisang raja beserta kulitnya hingga matang dan lembut. Angkat dan tiriskan.
2. Kupas pisang selagi hangat kemudian lumatkan. Campur dengan gula halus. Lumatkan hingga halus.
3. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik. Tekan dan padatkan. Dinginkan. Potong dan sajikan dengan taburan kelapa parut kukus. Sajikan.
Selamat Mencoba ^_^

Pisang Aroma oleh Nina Winarni

 

PISANG AROMA

Bahan-bahan :

5 buah pisang raja bulu matang
1 bungkus kulit lumpia isi 20 lbr
1/2 bungkus gula palm
minyak untuk menggoreng.
keju cheedar, jika mau pake keju boleh,tidak ada bisa skipp ( opsional )

Caranya :

panaskan minyak,potong pisang raja menjadi 4,taburkan 1 sdt gula palm,gulung lalu masukan ke minya panas. jika memakai keju,parut keju atau potong korek api ,tumpangkan dipisang raja,taburi dengan gula palm,gulung baru digoreng.

setelah kekuningan dibalik,setelah mateng,angkat. sajikan