Tag Archives: ubi ungu

Bubur Sumsum Kolak Biji Salak oleh Suci Hartati

 

Bubur Sumsum Kolak Biji Salak

Resep bubur sumsum ini menggunakan resep NCC sedangkan resep kolak biji salak didapatkan dari tetangga yang baik hati.
Karena kolak biji salak menggunakan ubi ungu, jadi untuk kuah kolaknya saya gunakan gula pasir agar warna ungunya tetap terlihat.
Berikut resepnya…

Bubur Sumsum
Bahan:

100gr tepung beras dilarutkan dgn 100ml air
900ml santan dari 1 butir kelapa
1sdt garam
3lbr daun pandan potong-potong

Cara:
Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar tidak pecah.
Setelah mendidih kecilkan api, masukkan larutan tepung beras, aduk cepat.
Lanjutkan memasak hingga adonan mengental dan meletup-letup. Setelah meletup-letup teruskan memasak sambil diaduk-aduk perlahan hingga kira-kira 15 mnt agar bubur benar-benar tanak. Biarkan hangat, siap disajikan dilengkapi dengan kolak biji salak.

Kolak Biji Salak
Bahan A:

1/2Kg ubi ungu dikukus lalu haluskan
100-150gr tepung sagu
1/2sdt garam

Bahan B:

400ml air
150gr gula pasir
2lbr daun pandan.

Cara:
Campurkan bahan A dalam baskom tapi gunakan 100gr tepung sagu dahulu, jika terasa adonan masih lembek bisa ditambahkan lagi sedikit demi sedikit hingga adonan mudah dipulung. Bulatkan adonan kira-kira sebesar biji salak, lakukan hingga adonan habis. Didihkan air lalu masukkan bulatan-bulatan ubi kedalamnya tunggu hingga mengapung lalu angkat segera tiriskan.
Masak bahan B hingga mendidih lalu masukkan bulatan ubi aduk sebentar lalu matikan api. Siap disajikan.

Advertisements

Sup Ubi Ungu oleh Rini Sudarsih

 

Sup Ubi Ungu

Sekarang lagi musim hujan, enaknya sih makan yang anget-anget salah satunya sup. Berhubung masih ada ubi ungu ya coba dibikin sup saja, teksturnya lebih kental dan lumayan bikin kenyang.

Bahan:
Minyak zaitun secukupnya
1 buah bawang bombay besar, cincang
2 sdt bawang putih halus
2 sdt ketumbar halus
1 kg ubi Ungu, kupas dan potong dadu
4 sdt kaldu ayam bubuk
150 ml susu kental manis
50 gram daun ketumbar
Air secukupnya

Cara Memasak:
-Olesi wajan dengan minyak dan panaskan.
-Masak bawang dengan panas sedang selama 3-4 menit sampai layu.
-Tambahkan bawang putih dan ketumbar selama 1 menit.
-Tambahkan ubi dan kaldu Ayam aduk. Tambahan air sampai Ubi terendam
-Masak sampai mendidih, kecilkan api dan masak selama 20 menit sampai empuk.
-Diamkan dan blender ubi sampai halus.
-Masukkan kembali campuran dalam panci, tambahkan susu dan panaskan lagi.
-Angkat dan sajikan dengan taburan daun ketumbar.
Anda bisa menggunakan roti kering sebagai mangkuknya atau Anda bisa menyajikan sesuai dengan selera.

Kue Lumpur Ubi Ungu oleh Hedy Fitriana

Kue Lumpur Ubi Ungu

Kue lumpur adalah cemilan favorit di keluarga kami, anak-anak sangat suka sekali dengan cemilan yang satu ini. Biasanya saya menggunakan kentang dalam pembuatan kue ini namun kali ini saya mencoba mengganti kentang dengan ubi ungu .. dan ternyata hasilnya ngga kalah dengan yang menggunakan kentang.

Resep dari Ibu Fatmah Bahalwan.
Bahan :
500 gr gula pasir
5 butir kuning telur
4 butir putih telur
500 gr tepung terigu
1 kg ubi ungu, kukus, haluskan selagi panas
1 ltr santan, didihkan, dinginkan
200 gr margarine, cairkan
1/2 sdt garam

Cara membuat :
– Kocok gula, telur hingga kental, tambahkan garam.
– Kemudian masukkan terigu dan ubi ungu serta santan secara bergantian dengan speed rendah.
– dan terakhir masukkan margarine cair, aduk sampai rata dengan spatula.
– Adonan siap dicetak/dipanggang dengan api kecil hinggga matang.

Stik Yuyu Ubi Ungu oleh Rika Oktianti

 

Stik Yuyu Ubi Ungu

Kali ini saya bikin stik yuyu yang ditambah ubi ungu. Pake ubi ungu kok warnanya ngga ungu? Ketika masih berbentuk adonan, warnanya ungu keabu-abuan. Ketika digoreng, ungunya lenyap. Tapi hasil gorengan antara dengan atau tanpa ubi ungu, warna yang dengan ubi ungu terlihat lebih gelap ketimbang hanya full tepung ketan.
Ternyata ubi bisa lho dibikin camilan gurih seperti ini. Mau coba? Mudah kok.

Bahan:
4 butir telur
100 gram ubi ungu, kukus, dinginkan
200 gram tepung ketan
10 gram kaldu bubuk
4 gram merica bubuk

Cara Membuat:
– Blender telur dan ubi ungu menjadi adonan yang halus dan kental.
– Tuang telur yang sudah diblender ke tepung ketan, aduk rata dengan spatula.
– Masukkan adonan ke dalam cetakan, langsung tekan ke dalam minyak panas. Gunakan api kecil dan terus diaduk supaya warna stik yuyu tetap cantik dan rata.
– Goreng hingga matang. Tanda stik yuyu sudah matang yaitu buih pada stik yuyu yang sedang digoreng tinggal sedikit.
– Tiriskan minyaknya. Dinginkan. Simpan di wadah bertutup rapat.

Cake Kukus Ubi Ungu oleh Rika Oktianti

 

Cake Kukus Ubi Ungu

Kali ini saya bikin cake kukus ubi ungu. Cake kukus ini lebih sehat karena tanpa bahan tambahan pangan sintetis. Jadi buat yang memiliki anak kecil, cake ini aman sekali buat dikonsumsi. Cuma ya jangan berharap akan mendapatkan tekstur cake yang ringan dan lembut pada cake ini. Cake ini bertekstur padat, basah, dan berat. Tipikal cake kukus tanpa emulsifier memang seperti itu. Jadi bukan kuenya bantat, tapi memang teksturnya seperti itu.

Bahan:
3 butir telur
50 gram gula pasir
1/2 sdt garam
75 gram tepung terigu
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
50 gram margarin, cairkan

Cara Membuat:
– Panaskan kukusan, alasi tutup kukusan dengan serbet, biarkan beruap banyak.
– Kocok telur, garam, dan gula sampai mengembang.
– Masukkan terigu dan ubi ungu, kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata, tuang margarin cair, aduk sampai rata dengan spatula.
– Siapkan loyang 20x20x4 cm, alasi dengan kertas roti yang sudah dioles margarin.
– Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 20 menit hingga matang sempurna. Angkat. Dinginkan. Potong-potong. Sajikan.

Kue Ku Ubi Ungu by Vita Citra

Sangat suka dengan kue ini, biasanya kue ini merupakan kue wajib untuk hantaran selamatan satu bulan bayi baru lahir dan biasanya berwarna merah, namun saya ingin sekali membuatnya memakai ubi ungu jadinya kue ku ungu deh…hehe, ternyata membuatnya tidak sulit malah cenderung mudah menurutku ^__^, jadi ceritanya ini adalah Kue Ku perdanaku dan langsung sukses, orang rumah suka sekali, katanya sudah persis seperti yang dijual ^__^

Kue Ku Ubi Ungu
by Vita Citra, Resep Ang Ku Kueh by Joice Yu – Baking’s Corner
Untuk 15 buah Kue KuBahan:

  • 100 gr ubi ungu, kupas, potong kotak kecil, kukus dan lumatkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air (tuang sedikit demi sedikit, jika butuh lebih banyak boleh ditambahkan)
  • 200 gr tepung ketan
  • Daun pisang, gunting membulat, lebih besar sedikit dari ukuran kue.

Bahan Isi :

  • 150 gr kacang hijau kupas
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Daun pandan
  • Garam

Cara membuat isian:

Cuci bersih kacang hijau, beri daun pandan dan air secukupnya, kukus 10 menit di panci presto, angkat, masak di wajan beri gula, susu, vanili dan garam, cicip, angkat dan biarkan dingin, siap untuk dijadikan isian.

Cara membuat Kue Ku :

Siapkan cetakan kue ku.
Aduk rata ubi ungu, gula, tepung ketan, beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni, adonan harus lembab mirip dengan adonan ronde, uleni sekitar 5 menit.

Beri cetakan sedikit tepung, masukkan sejumlah adonan ke dalamnya, masukkan isi, tutup lagi dengan adonan, tekan ringan, keluarkan dari cetakan dengan cara diketuk ke meja, taruh di daun pisang, lakukan hingga adonan habis.

Kukus dan setiap 2 menit sekali buka tutup kukusan dan biarkan uap panas menghilang, tutup kembali dan kukus hingga 10 menit, hal ini bertujuan agar motif pada permukaan kue tidak menghilang.

Angkat kue dari kukusan dan beri olesan minyak pada permukaannya agar kue tidak kering.

Sajikan.

Klepon Ubi Ungu oleh Hikmah Nurlia

 

Resep Klepon ubi ungu

(Menggunakan resep dari mbak Kurnia Widdhiarti)

Bahan A :

1/2 butir kelapa muda. Parut kecil panjang
Sedikit garam
(Campurkan, kukus 15 menit)

Bahan B :

-250 gr ubi ungu kukus, haluskan
-50 gr tepung tapioka
-1/4 sdt garam
-1 sdt gula pasir
-1/2 sdt Vanili
– 150gr gula merah. Di serut

Cara:

1. Campur semua bahan B. Uleni hingga Kalis. Ambil sedikit adonan, dibulatkan lalu bentuk pipih dan diisi dgn gula merah yg sdh diserut.
2. Rebus bulatan adonan ke dalam air mendidih.jika sdh mengapung, angkat
3. Gulingkan ke dalam bahan A
4. Sajikan